Pj Bupati Malteng Kunker ke Pulau Haruku dan Bermalam, Pastikan Hal ini Aman

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM-MASOHI-Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa, melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pulau Haruku, Rabu (22/5/2024). Kunjungan kerja (kunker) tersebut dilakukan untuk memastikan warga di tingkat desa mendapatkan pelayanan yang baik.

Dalam kunjungan kali ini Pj Bupati bermalam untuk melihat lebih dekat pelayanan kesehatan, pelayanan KB, Pelayanan KTP dan KK. Tak hanya itu Bupati juga berikan sejumlah bantuan seperti bantuan untuk kaum dhuafa, bantuan untuk Balita Stunting, Santunan kematian, kemudian Gerakan Menanam Cabe, Penataan Jaringan Air bersih, serta Pelayan NIB dan IMB.

“Semoga, melalui kunjungan kerja seperti ini, ikatan bathin antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah kecamatan dan negeri serta Masyarakat semakin kuat, sehingga kita bisa saling mendukung untuk sama-sama kita memulai langkah-langkah besar dalam menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, tata kelola dan pelayanan publik di daerah,”ungkap Pj Bupati.

Pj Bupati mengatakn saat ini tantangan di daerah ini adalah upaya menurunkan tingkat kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi, penguatan ekonomi rakyat serta stabilisasi politik dan keamanan.

Penuntasan tantangan-tantangan ini tentu memerlukan pengembangan cara-cara baru, nilai-nilai baru melalui kerja keras dan kerja yang produktif melalui terobosan dan inovasi.

“Dalam rangka penurunan stunting, kita telah melakukan inovasi Gema Ina Latu Maluku Potong Pele Stunting, untuk memastikan setiap bayi dan ibu hamil mendapatkan pelayanan terbaik dan tersedianya orang tua asuh bagi anak penderita stunting,”kata Pj Bupati.

Pj Bupati minta, Gerakan PKK dapat labih dimassifkan serta pelaksanaan posyandu semakin ditingkatkan keaktifannya pada semua desa agar hasil yang di peroleh bisa lebih maksimal.

Untuk pengentasan kemiskinan ekstrem, pihakny akan fokus pada memberikan bantuan kepada kaum Dua’fa, anak yatim dan para janda, serta orang tua jompo, pemberian santunan kematian serta pelaksanaan inovasi OPEN atau OPD Pendamping Negeri.

BACA JUGA :  Siswa-Siswi di SBB Mulai Ikut Seleksi Paskibraka

“Selain itu, kita juga harus melakukan penguatan pada sektor pertanian dan cadangan pangan untuk mengantisipasi kondisi global dan nasional saat ini yang sangat rentan terjadi inflasi,”kata Pj Bupati.

Pj Bupati mengajak seluruh masyarakat dan pihak sekolah untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam sayuran dan buah-buahan. Gerakan menanam ini tidak hanya untuk ketahanan pangan tetapi juga untuk mengendalikan inflasi di tingkat lokal.

Pj Bupati yakini, dengan berbagai inovasi yang di laksanakan ini, bisa mendorong rutinitas demi meningkatkan produktivitas yang menjadi prioritas semua pihak. Hal ini penting, karena tugas Pemerintah Daerah selaku penyelenggara negara bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tetapi tugas utama Pemerintah adalah membuat masyarakat menikmati pelayanan, menikmati Pembangunan dan hidup Sejahtera.

Penulis : Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.