Jaga Keindahan Masohi, DLH Malteng akan Ganti Tempat Pembuangan Sampah Berbahan Semen

oleh
oleh
Salah satu warga sedang memili sampah plastik di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di jembatan patah, Kelurahan Namaelo, kota Masohi, Jumat (24/5/2024) (Foto: Nair Fuad/Terasmaluku.com)

TERASMALUKU.COM,-MASOHI– Untuk menjaga keindahan kota Masohi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) akan menggantikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) berbahan batu bata dan semen.

“Tempat pembuangan sampah sementara jenis tembok ini akan diganti dengan kontainer,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Malteng, Hengky Tomasoa di Masohi, Jumat (24/5/2024).

Ia mengatakan, tempat pembuangan sampah diganti karena tidak baik untuk di pandang. Apalagi, TPS ini berada di dalam kota.

Menurutnya, banyak TPS dijumpai berdekatan dengan hotel, rumah makan dan toko. “Saat ini yang saya mau tutup itu di sekitar Muzdalifa Hotel. Karena ada hotel, ada rumah makan dan ada toko. Ini yang tidak baik dilihat. Tahun depan TPS-TPS tidak ada lagi,” jelasnya.

BACA JUGA: Pj Bupati Malteng Kunker ke Pulau Haruku dan Bermalam, Pastikan Hal ini Aman

Hengky mengungkapkan, saat ini ada sebanyak 13 armada yang mengangkut sampah di dalam kota Masohi. Belasan armada tersebut tidak mampu melayani lima kelurahan. Apalagi saat ini DLH sedang melakukan perawatan terhadap beberapa armada.

“Meski beroperasi dengan armada segitu tetap kita setiap hari wajib mengangkut,” tambahnya.

Dia menegaskan, pelayanan dalam mengangkut sampah juga akan ditata ulang khususnya di rute angkutan. Ia menilai, pelayanan pengangkutan sampah yang dilakukan selama ini cukup pemborosan. Pemborosan itu terjadi karena tiga armada layani satu jalur.

“Ini tidak boleh, maksimal satu mobil melayani satu jalur saja. Sehingga dengan hanya 13 armada kita bisa dapat meminimalisir sampah yang ada di Kota Masohi,” pungkas Hengky.

Penulis: Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Brimob Polda Maluku Dikirim ke Poso Untuk Operasi Tinombala

No More Posts Available.

No more pages to load.