Unpatti Wakili Polda Maluku Lomba Debat Hukum Indonesia Timur

oleh
oleh
Tim Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon lolos mewakili Polda Maluku pada lomba debat hukum tingkat regional Indonesia timur. FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tim Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon lolos mewakili Polda Maluku pada lomba debat hukum tingkat regional Indonesia timur.

“Unpatti keluar sebagai juara satu dalam lomba debat hukum yang diselenggarakan Polda Maluku dengan tema Restorative Justice,” kata Plt Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Areis Aminnullah dalam keterangan yang diterima Sabtu (1/6/2024).

Restorative justice atau keadilan restoratif adalah sebuah pendekatan untuk menyelesaikan konflik hukum dengan menggelar mediasi diantara korban dan terdakwa, dan kadang-kadang juga melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum.

Tujuannya keadilan restoratif adalah untuk saling bercerita mengenai apa yang telah terjadi, membahas siapa yang dirugikan oleh kejahatannya, dan bagaimana mereka bisa bermusyawarah mengenai hal yang harus dilakukan oleh pelaku untuk menebus kejahatannya.

“Hal yang bisa dilakukan meliputi pemberian ganti rugi kepada korban, permintaan maaf, atau tindakan-tindakan pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” katanya.

Areis Aminullah mengatakan lomba yang digelar untuk menyambut HUT ke 78 Bhayangkara itu diikuti empat tim dari perguruan tinggi di Kota Ambon. Yakni Unpatti, Universitas Darussalam (Unidar) Ambon, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, dan Universitas Kristen Indonesia-Maluku (UKIM).

Pada lomba debat yang dipimpin oleh Bapak Wakapolda Maluku itu, keluar sebagai juara satu Unpatti, juara dua Unidar dan juara tiga IAIN.
Dalam lomba debat hukum ini, bertindak sebagai dewan juri yakni akademisi hukum Maluku Jemmy Talakua, Direktur Reskrimum Polda Maluku Kombes Pol Andri Iskandar, dan Wadir Binmas Polda Maluku, AKBP Rositah Umasugi.

“Karena keluar sebagai juara, maka Tim Unpatti akan mewakili Polda Maluku dalam debat hukum di tingkat regional Indonesia Timur,” katanya.

BACA JUGA :  Gelar Razia, TNI Polri Musnahkan Miras di Gale-Gale Seram Utara

AKBP Areis berharap, kegiatan lomba debat yang pertama kali digelar Polda Maluku ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa di Ambon, khususnya fakultas hukum dalam meningkatkan wawasan tentang hukum.

Sementara itu Rektor Universitas Pattimura Prof Freddy Leiwakabessy  mengatakan prestasi itu menjadi kebanggaan bagi segenap sivitas akademika Unpatti.

“Kiranya ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya baik di Unpatti maupun dari luar Unpatti,” katanya.

Pewarta : Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor : Budhi Santoso

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.