Negeri Rutong Ambon Masuk 15 Desa Terbaik Nasional Program Desa BRIlian 2024

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon Provinsi Maluku ditetapkan sebagai salah satu dari 15 desa terbaik tingkat nasional program Desa BRIlian tahun 2024.

“Negeri Rutong ditetapkan sebagai salah satu dari 15 desa terbaik tingkat nasional yang akan mendapatkan pendampingan dan pembiayaan bagi pengembangan UMKM, melalui program Desa BRIlian tahun 2024,” kata Raja Negeri Rutong, Reza Valdoa Maspaitella, Selasa (4/6/2024).

​​Ia mengatakan, Negeri Rutong telah menerapkan digitalisasi melalui platform digital Rutong.id sejak 2021 sebagai bentuk pengembangan desa pintar pertama di Provinsi Maluku.

Pengembangan “smart village” adalah untuk menjawab tantangan dalam tata kelola pemerintahan, pengembangan SDM sebagai titik sentral pembangunan, komunikasi publik yang efektif dan terbuka, pemberdayaan masyarakat, serta pengembangan sektor ekonomi.

Platform digital ini, Negeri Rutong mengutamakan adat budaya untuk memajukan perekonomian masyarakat negeri yang berbasis teknologi digital.

Salah satunya adalah solusi keuangan melalui pinjaman dana bagi pelaku UMKM, selain itu pemanfaatan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia bagi wisatawan yang berkunjung.

“Proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanan, khususnya para turis yang datang tidak membawa uang tunai, dengan kemudahan QRIS maka transaksi menjadi lebih mudah, sebagai bagian daripada strategi desa digital, ” katanya.

Ia menjelaskan, penerapan digitalisasi maka BRI melihat potensi negeri Rutong sebagai negeri digital, dimana Bank Indonesia juga telah menetapkan sebagai percontohan untuk pembayaran digital melalui QRIS.

Program BRIlian Negeri Rutong masuk dalam nominasi program pemberdayaan masyarakat, setelah diseleksi dari 400 desa menjadi 40 desa dan terpilih dalam 15 desa terbaik di Indonesia.

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pimpinan kota Ambon serta tim pendamping desa, yang selama ini telah bekerja keras membina desa dan negeri negeri di kota Ambon, ” kata Reza.

BACA JUGA :  Tour de Molvccas, Ajang Promosi Pariwisata SBT

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Ambon
Editor : Biqwanto Situmorang

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.