Bulog Maluku Datangkan 14.600 Ton Beras Impor Vietnam, Stok Aman 6 Bulan

oleh
oleh
Pekerja membongkar beras Bulog di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku. ANTARA/John Soplanit

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara mendatangkan 14.600 ton beras impor asal Vietnam untuk menambah stok beras memenuhi kebutuhan enam bulan ke depan.

“Beras yang masuk sebanyak 14.600 ton itu diangkut tiga kapal, satu kapal di antaranya sudah masuk Pelabuhan Ambon dengan membawa 5.000 ton beras sedang dalam proses pembongkaran,” kata Kepala Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara Mara Kamin Siregar, Rabu (12/6/2024).

Ia menyampaikan dua kapal lainnya masih dalam perjalanan menuju Ambon yang masing-masing mengangkut 4.800 ton beras.

“Jadi Bulog melakukan antisipasi, apalagi cuaca sekarang ini di Kota Ambon dan Maluku pada umumnya masuk musim penghujan dengan curah hujan cukup deras dalam dua pekan terakhir,” kata dia lagi.

Dia menyebutkan saat ini stok yang dimiliki di gudang Ambon, Tual maupun Saumlaki sebanyak 10.000 ton.

“Dengan demikian kalau ditambah dengan 14.600 ton yang masuk, maka stok beras Bulog Maluku sebanyak 24.600 ton, sehingga sangat aman hingga enam bulan ke depan,” ujarnya.

Setelah beras tersebut sampai, akan disebar ke gudang Bulog yang ada di Maluku.

“Dalam waktu dekat Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara juga akan mendapat kiriman beras produksi lokal dari Sulawesi dan Jawa Timur yang akan diangkut ke Ternate, Maluku Utara, dan juga Tual,” ujarnya.

Oleh sebab itu masyarakat di Maluku dan Maluku Utara tidak perlu khawatir dan Bulog juga tetap melakukan operasi pasar.

Selain beras, Bulog Maluku juga masih mencatat ketersediaan kebutuhan lain, seperti gula pasir sebanyak 26 ton dan dalam perjalanan sebanyak 50 ton serta minyak goreng 38.000 kiloliter.

“Dengan demikian stok beras, gula pasir, dan minyak goreng ini siap membantu pemerintah dalam rangka menekan angka inflasi di wilayah Maluku,” kata dia pula.

BACA JUGA :  BPJS Ketenagakerjaan Maluku & Bawaslu Ambon Rakor Bahas Perlindungan Jamsostek bagi Petugas Pengawas Pemilu

Pewarta : Winda Herman/Antara
Editor : Budisantoso Budiman

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.