Peduli Lingkungan, PLN UIW MMU Distribusi Gerobak Sampah Listrik di Tiga Kelurahan

oleh
oleh
PT PLN ( Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di tiga kelurahan di Kota Ternate, Selasa (11/6/2024). FOTO : HUMAS PLN UIW MMU

TERASMALUKU.COM,-TERNATE-PT PLN ( Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di tiga kelurahan.

Ketiganya, yakni Kelurahan Mangga Dua Utara, Kelurahan Kota Baru dan Kelurahan Toboko. Bantuan yang diberikan berupa delapan unit Gerobak Sampah Listrik. Masing-masing kelurahan itu menerima dua unit Gerobak Sampah Listrik.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menjabarkan, selama ini komitmen PLN tak hanya menjalankan bisnis saja, melainkan juga berdampak bagi lingkungan, sosial, dan kemasyarakatan. Melalui program TJSL, upaya-upaya yang tersentuh langsung ke masyarakat bisa terlaksana.

“Sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dan mendukung pencapaian SDG’s 15, kami turut berkomitmen hadir untuk masyarakat dan lingkungan,” kata Awat, Rabu (12/6/2024).

Tak hanya sebagai alat pengelolaan sampah, bantuan gerobak ini juga menggunakan sistem motor listrik sehingga bisa lebih hemat dan ramah lingkungan. Kata Awat, ketiga kelurahan itu menjadi target distribusi bantuan TJSL bukan tanpa alasan.

Ketiga kelurahan ini memiliki karakteristik yang sama, yakni persoalan sampah. Selama ini, minimnya alat pengangkut membuat sampah bertumpuk bahkan berserakan. Selain itu, tidak ada pengelolaan sampah yang memadai. Kemudian ketiga kelurahan ini dilewati sungai besar di Kota Ternate, sehingga setiap musin penghujan, air kerap meluap dan menyebkan banjir.

“Bantuan ini kami berikan dengan harapan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat di tiga kelurahan ini, dan bisa mengurangi persoalan sampah yang dihadapi,” tandas Awat.

Adapun penyerahan bantuan diwakili Assistant Manager Bagian Keuangan dan Umum UP3 Ternate, Frontama Katon Firmayoga dan didampingi Team Leader Administrasi dan Umum, Moch Asrul. Bantuan diterima langsung oleh Lurah Mangga Dua Utara, Yosman Marsaoly; Lurah Toboko, Asri Bailussy; dan Lurah Kota Baru, Sunarni Badarudin.

BACA JUGA :  Warga Berkonflik Sepakat Ingin Damai, Jangan Berani Sebar Hoax, Simak Ancaman Kapolda Maluku Ini

Camat Kota Ternate Selatan, Anang Irianto saat menghadiri penyerahan itu menyampaikan apresiasinya atas kepedulian PLN dalam pengelolaan sampah di kelurahan itu.

“Kami juga mendukung penggunaan kendaraan berbasis listrik sebagai upaya untuk mengurangi emisi karbon khususnya di lingkungan Kelurahan Toboko, kami yakin pemanfaatan gerobak ini akan membantu pengelolaan sampah serta harapannya dapat mengubah perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” ucap Anang.

“Selain bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan, hadirnya Gerobak Sampah Listrik ini diharapkan mampu mendorong kendaraan listrik berbasis baterai sebagai alternatif kendaraan operasional yang lebih efisien, sehingga menarik minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke listrik,” kata Frontama. (***)

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.