Tandatangani NPHD, Pemkot Ambon Mulai Kucurkan Dana Pilkada 2024

oleh
oleh
Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya melakukan penandatanganan NPHD dalam rangka pengamanan penyelenggaraan pilkada Walikota dan Wakil Walikota Ambon tahun 2024, di Ambon, Rabu (12/6/2024). ANTARA/Penina F Mayaut.

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Kodim 1504 dan Polresta Pulau Ambon dan Pulau- Pulau Lease melakukan penandatangan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dalam rangka pengamanan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Penandatanganan NPHD pengamanan penyelenggaraan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon itu dilakukan Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya bersama Dandim 1504 Ambon Kolonel Inf. Leo Octavianus M. Sinaga dan Kapolresta Ambon Kombes Pol Driyano Andri Driyano Ibrahim, di Ambon, Rabu (12/4/2024).

“Melalui penandatanganan NPHD, kita telah memenuhi salah satu tanggung jawab untuk mensukseskan pilkada Wali kota-Wakil Wali Kota dari sisi pembiayaan, ” kata Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya.

Menurut dia, ketika proses tersebut dilakukan berarti rincian atau pos anggaran dapat disepakati dan itu diterima baik oleh ketiga belah pihak. Selanjutnya menunggu proses pencairan yang dilakukan sesuai dengan kondisi dan keadaan keuangan daerah.

Ia menjelaskan besaran anggaran yang disiapkan untuk memfasilitasi pilkada 2024 itu sebesar Rp6 miliar lebih untuk pengamanan masing-masing Polresta P. Ambon dan P.P. Lease sebesar Rp5,5 miliar dan Kodim 1504 Ambon Rp1,1 miliar.

“Proses secara bertahap sampai dengan sebelum pilkada sudah harus selesai, sesuai dengan kemampuan daerah,” katanya.

Dia berharap anggaran tersebut dapat digunakan dengan benar agar dapat dipertanggungjawabkan karena anggaran tersebut merupakan uang negara yang harus digunakan sesuai dengan pos-pos yang telah ditetapkan.

“Pemanfaatan anggaran harus tepat sasaran dan bisa dipertanggungjawabkan, mengingat anggaran bersumber dari dana negara, jadi kita harus pertanggungjawabkan dengan baik,” katanya.

Pemkot Ambon mengalokasikan anggaran pada penyelenggaraan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon tahun 2024 sebesar Rp35, 5,miliar kepada KPU, sedangkan kepada Bawaslu sebesar Rp9,4 miliar.

BACA JUGA :  Dalam Sehari 120 Pasien Covid-19 di Maluku Sembuh

Dana hibah yang diberikan kepada KPU dan Bawaslu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Ambon tahun 2023 dan 2024.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Laode Masrafi

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.