Idul Adha, Pemkot Ambon Salurkan Hewan Kurban di 70 Tempat

oleh
oleh
Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada perwakilan penerima di Balai Kota Ambon di Ambon, Sabtu (15/6/2024). ANTARA/Penina F Mayaut

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku menyalurkan hewan kurban yang terdiri atas 35 ekor sapi dan 38 kambing kepada penerima di 70 tempat untuk perayaan Idul Adha 1445 Hijriah.

Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya kepada perwakilan penerima di Balai Kota Ambon di Ambon, Sabtu (15/6/2024).

Ia mengatakan pembagian hewan kurban bentuk perhatian dan partisipasi Pemerintah Kota Ambon dalam mendukung dan memfasilitasi kegiatan keagamaan di daerah ini.

Selain itu, upaya meningkatkan kepedulian sosial, meneladani nilai pengorbanan dan keimanan, serta mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat, khususnya umat Islam di Kota Ambon guna mewujudkan masyarakat yang harmonis dan religi.

Sasaran penyaluran hewan kurban, ujarnya, membantu fakir miskin dan kaum dhuafa dan masyarakat tidak mampu.

Pemkot Ambon tetap berkomitmen memfasilitasi kegiatan keagamaan, sedangkan saat ini berupa pembagian hewan kurban.

“Saya mengimbau panitia penyembelihan korban dapat melaksanakan tugas dengan amanah, penuh rasa tanggung jawab dan menjaga kebersihan lingkungan, pastikan setiap kelompok masyarakat miskin kaum dhuafa menjadi prioritas dalam pembagian, sehingga manfaat sosial dari korban bernilai ibadah bagi setiap orang yang berkurban, ” katanya.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Ambon Fenly Masawoy mengatakan jumlah permohonan hewan kurban selalu meningkat setiap tahun.

Pada 2024 tercatat 90 proposal permohonan bantuan hewan kurban masuk ke Bagian Kesra, akan tetapi hanya 73 proposal diakomodasi di empat kecamatan.

Ia menjelaskan hewan kurban dalam kondisi sehat melalui pemeriksaan kesehatan oleh tenaga kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Kota Ambon serta memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban sesuai syariat Islam.

Sebanyak 70 penerima tersebar di empat kecamatan di Kota Ambon, sedangkan biaya kegiatan ini dianggarkan dalam APBD 2024 Kota Ambon.

BACA JUGA :  Koramil 1504-02/Sirimau Tanaman Ratusan Pohon di Arbes

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Maximianus Hari Atmoko

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.