Perkuat Sistem Kelistrikan di Pulau Moa, PLN Berhasil Operasikan 4 Unit Mesin Tambahan

oleh
oleh
Pegawai Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Saumlaki, PLN UIW MMU mengoperasikan mesin tambahan di Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, Jumat (21/6/2024). FOTO : HUMAS PLN UIW MMU

TERASMALUKU.COM,-MOA-PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) terus memperkuat sistem kelistrikan hingga ke daerah pelosok.

Hal ini dibuktikan dengan ditambahkannya empat unit mesin di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Maluku. Melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Saumlaki, PLN UIW MMU berhasil mengoperasikan keempat unit mesin tambahan tersebut untuk mengoptimalkan sistem jaringan kelistrikan bagi masyarakat di daerah tersebut.

“Kami terus berupaya menghadirkan listrik yang andal dan berkualitas bagi pelanggan, meski dengan tantangan geografis di wilayah kerja kami yang terbilang sulit dan ekstrem. Diharapkan masyarakat tak hanya menikmati listrik untuk memenuhi kebutuhan dasar saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian keluarga, sesuai dengan potensi daerah di Pulau Moa, MBD ini,” ujar Awat, Jumat (21/6/2024).

Adapun empat unit mesin tambahan yang dioperasikan itu berkapasitas 800 kilo Watt (kW). Dengan adanya tambahan mesin tersebut, Pulau Moa kini memiliki lima unit mesin yang telah beroperasi dari total sembilan unit yang rencanakan pula akan dioperasikan untuk menyokong sistem kelistrikan di pulau tersebut.

Manager UP3 Saumlaki, Hengky Purbo Lesmono menerangkan, saat ini kelima mesin tersebut telah dibebani dengan pasokan listrik sebesar 1.720 kW untuk mengcover 5.524 pelanggan di sistem Moa.

“Mengingat seluruh mesin tersebut baru pertama kali beroperasi di PLTD Moa, tentu harus dilakukan beberapa tahapan penyesuaian sebelum akhirnya dapat beroperasi dengan total daya mampu yang dimiliki mesin-mesin tersebut,” ujar Hengky Purbo Lesmono.

Penambahan mesin ini diharapkan bisa memperkuat sistem di Moa, sehingga membuka peluang bagi para investor untuk memulai usahanya di Pulau Moa tanpa mengkhawatirkan sistem kelistrikan.

BACA JUGA :  Atasi Sampah, Kota Ambon Tambah Tiga Armada Sampah

“Ke depan, dengan beroperasinya ke sembilan mesin tersebut maka total kapasitas yang terdapat di PLTD Moa, yakni sebesar 4.920 kW guna menyuplai kebutuhan listrik di Moa,” pungkasnya. (***)

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

 

No More Posts Available.

No more pages to load.