Demonstran Seruduk Kantor Kejati Maluku, Desak Periksa Pj Gubernur Sadali Ie

oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kejaksaan Tinggi Maluku didesak segera periksa Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie yang terindikasi dua kasus dugaan korupsi di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Desakan ini disampaikan lewat aksi demontrasi di kantor Kejati Maluku, Ambon, Senin (24/6/2024).

Aksi demonstrasi dilakukan Aliansi Mahasiswa Maluku Bergerak (AMMB) yang dikoordinatori Emon Kelian selaku Koordinasi Lapangan (Korlap), Emon Kelian.

Sebagaimana diketahui, nama Pj Gubernur Maluku, Sadali Ie santer dikabarkan terlibat dua kasus dugaan korupsi Dana Covid-19 Pemprov Maluku Tahun 2020-2021 dan dana proyek reboisasi hutan Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Tahun 2022 di Kabupaten Maluku Tengah.

Hanya saja sejauh ini, mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku itu belum pernah diperiksa jaksa meskipun kasus sudah dilimpahkan Bidang Intelijen ke Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Maluku.

BACA JUGA : Sadali Ie Nyatakan Siap Penuhi Panggilan Untuk Diperiksa, Ini Respon Kejati Maluku

“Kami minta Kejati segera melakukan pemeriksaan terhadap Pj Gubernur Maluku Sadali le, terkait dugaan dua kasus korupsi Dana Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Dana Reboisasi Hutan di Maluku Tengah,”teriak pendemo saat berorasi di depan pintu gerbang kantor Korps Adhyaksa Maluku itu.

Menurut pendemo, dugaan Kasus korupsi dana Covid 19 tahun 2020-2021 tersebut sebesar Rp 19 miliar.

Sementara anggaran pekerjaan pembuatan Rumah Tanam Hutan Rakyat Tahun 2022 milik Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Senilai Rp 2,5 miliar bersumber dari DAK Pemprov Maluku.

“Saya tegaskan kepada Kejati Maluku untuk harus lebih serius dalam penanganan kasus ini, dikarenakan itu bukanlah kasus biasa yang dibiarkan,”tegas pendemo.

Korupsi merupakan salah satu bentuk kejahatan yang sangat berdampak negatif terhadap orang banyak.

BACA JUGA :  Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2021 Diperpanjang BKN, Simak Penjelasan Kepala BKD Provinsi Maluku

“Kasus korupsi ini merupakan bagian dari kejahatan luar biasa, at extra ordinary crime yang mana efek dari kejahatan tersebut dapat memiskinkan masyarakat,”geramnya.

Tanggapi aksi demontrasi ini, pihak Kejati Maluku

“Tuntuan adik-adik hari ini kami terima, dan nanti kami akan teruskan dan berkordianasi kembali tentang masalah ini,” ujar Humas Kejati, Erwin yang mewakili Kasi Penkum.

Penulis : Ruzady Adjis

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.