Forum Pimpinan PT, Rektor Unpatti: Kita Siapkan SDM Kembangkan Geoekonomi dan Geopolitik di Indonesia Timur

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Forum Pimpinan Perguruan Tinggi (PT) se Maluku, akan mengadakan Regional Meeting di auditorium Gedung Rektorat Kampus Universitas Pattimura (Unpatti), Kota Ambon.

Kegiatan yang bertujuan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengembangan geoekonomi dan geopolitik di kawasan Indonesia Timur ini akan dihelat pada Selasa (2/7/2024).

Regional Meeting rencananya dibuka Pj Gubernur Maluku, Sadali Ie. Kegiatan ini juga akan dihadiri para pimpinan daerah seperti Bupati/Wali kota.

Tak hanya itu, forum pimpinan PT di Maluku juga mengundang para bakal calon Gubernur Maluku. Mereka yaitu Murad Ismail, Jeffry Apoly Rahawarin, Febry Calvin Tetelepta, Said Latuconsina, dan Hendrik Lewerissa.

“Kami juga mengundang mau disebut bakal calon tapi juga belum pasti, mau sebut kandidat juga belum ditetapkan tapi kami melihat banyak sekali tokoh Maluku putra-putra maupun sumber daya Maluku yang luar biasa yang kita harus mengakomodir tokoh-tokoh ini. Apakah nanti (mereka) menjadi pimpinan daerah ataupun pimpinan nasional, sehingga kami mengundang para bakal calon dengan harapan mereka bisa hadir,” harap Rektor Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy kepada wartawan usai rapat persiapan di kampus biru itu, Senin (1/7/2024).

Kehadiran bakal calon Gubernur secara langsung sangat diharapkan. Kehadiran mereka, kata Leiwakabessy, tak hanya sebatas menyampaikan visi misi besar, namun minimal dapat memberikan pikiran yang konstruktif.

“Kami harapkan mereka bisa punya statement bagaimana keinginan mereka membangun Maluku ke depan dan bersama-sama dengan perguruan tinggi di Maluku kita bisa berkolaborasi, meningkatkan ketahanan kita baik dari sisi penguatan sumber daya manusia, (maupun) kolaborasi kita untuk inovasi riset daerah,” ungkap Leiwakabessy.

Menurutnya, perguruan tinggi memiliki Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus menjadi atensi. Seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang harus disupport bersama-sama dengan pemerintah daerah.

BACA JUGA :  Jaringan Cepat Indosat Hadir di Kota Ambon

“Sebenarnya forum ini (pimpinan perguruan tinggi se Maluku) sudah ada, dan kita mencoba untuk mengaktifkan lagi dan mengumpulkan pimpinan semua perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri, swasta, perguruan tinggi keagamaan dan vokasi,” tambahnya.

Kegiatan yang akan dihelat sejak esok pagi nanti terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama di auditorium lantai 1, dan sesi kedua khusus untuk pimpinan PT se Maluku di auditorium lantai 2.

“Kami juga mengundang kepala daerah Pj gubernur, bupati walikota untuk bisa menghadiri forum di hari esok sekaligus kita juga ada panelis atau pembicara kami juga akan menjadi pembicara dan narasumber yang lain,” tambahnya.

Regional meeting juga diharapkan akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi dari pikiran-pikiran konstruktif untuk disumbangkan baik bagi pemerintah nasional maupun pemerintah daerah.

“Tema yang diusung dalam regional meeting pimpinan perguruan tinggi yaitu peran strategis perguruan tinggi di Maluku untuk terlibat dalam pengembangan geoekonomi dan geopolitik kawasan Indonesia Timur,” ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan menyusul adanya keinginan bersama para pimpinan PT untuk ikut serta memikirkan dan menyiapkan SDM yang memahami betul bagaimana mengelola sumber daya alam Mauku. “Mengelola kawasan kita yang memang dari sisi potensi geopolitik maupun geoekonomi sangat potensial,” pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.