Kapal Angkut Bahan Bangunan Tenggelam di Perairan Liran MBD, 1 ABK Tewas 15 Selamat

oleh
Ilustrasi

TERASMALUKU.COM,-AMBON-KM. Artomoro 2, kapal angkut bahan bangunan tenggelam di perairan Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Pulau Atauro, Timor Leste. 15 orang ABK ditemukan selamat, 1 tewas akibat peristiwa kecelakaan laut ini.

Peristiwa kecelakaan laut (laka laut) ini terjadi pada Selasa (2/7/2024). KM. Artomoro 2 berawakan 16 orang ABK.

Kepala Basarnas Ambon, M. Arafah

Kepala Basarnas Ambon, Muhamad Arafah di Ambon, Jumat (5/7/2024) menjelaskan, KM. Artomoro 2  bermuatan bahan bangunan tersebut bertolak dari Surabaya pada Kamis (27/6/2024) hendak menuju Kabupaten Bade Provinsi Papua Selatan.

Nahas, pada Selasa (2/7/2024), kapal dihantam badai dan karam di Perairan depan Pulau Atauro Timor Leste.

Peristiwa laka laut ini dilaporkan ke pihak Basarnas sehari kemudian, Rabu (3/7/2024).

Basarnas Ambon berkoordinasi dengan Basarnas Maumere, Basarnas Kupang, Pos TNI AL Pulau Wetar, Polsek Pulau Wetar, Camat Pulau Wetar, dan Polisi Perairan Timor Leste terkait laka laut tenggelamnya KM. Artomoro.

Unsur Potensi SAR Pulau Wetar, Pulau Liran, dan Polisi Perairan Timor Leste guna melaksanakan Operasi Pencarian terhadap para korban.

“Dalam proses pencarian, 12 orang ABK berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh Polisi Perairan Timor Leste dan dibawa menuju Pulau Atauro Timor Leste guna mendapatkan perawatan medis,”terangnya.

Selang beberapa jam kemudian di hari Rabu itu, 3 orang korban lainnya berhasil ditemukan kembali oleh Polisi Perairan Timor Leste dan dievakuasi menuju Pulau Atauro untuk mendapatkan perawatan medis juga.

 

Sementara satu korban hilang lainnya, baru berhasil ditemukan pada Kamis (4/7/2024).

Korban atas nama Purwanto (46) ini ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Korban asal Purwokerto, Provinsi Jawa Tengah ini ditemukan Polisi Perairan Timor Leste.

BACA JUGA :  Sri Mulyani, Menteri Keuangan Pertama Yang Berkunjung ke Ambon Sejak Indonesia Merdeka

 

Hasil koordinasi bersama, 15 orang selamat dan 1 meninggal dunia akan dievakuasi menuju ke Kota Dili

“Kedubes RI untuk Timor Leste sudah mengunjungi para korban dan akan dikirim kembali ke Indonesia setelah kesehatan para korban berangsur membaik,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.