Akhirnya Setelah 13 Tahun Menanti, Pj Bupati Akan Mekarkan 3 Dusun di Seram Utara Jadi Desa

oleh
oleh
Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Seti Bakti Kecamatan Seram Utara Timur Seti Kabupaten Maluku Tengah. (FOTO: Sahdan Fabanyo/ Nair Fuad)

TERASMALUKU.COM,-MASOHI– Dusun Seti Bakti, Dusun Seti Mulumet, di Kecamatan Utara Timur Seti dan Dusun Parigi di Kecamatan Seram Utara dalam waktu dekat akan diresmikan menjadi Desa Persiapan.

“Peresmian dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa. Saat ini kita menunggu waktu saja dari bapak Bupati untuk resmikan,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Otda Maluku Tengah, Tantri Witak kepada Terasmaluku.com di Masohi Sabtu, (6/7/2024).

Tantri mengaku, warga menginginkan pemekaran dusun jadi desa. Ini sudah 13 tahun terhitung sejak 2011 sampai 2023 namun tak terealisasi. Di Pemerintahan Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa barulah terjawab status ketiga dusun ini.

“Ketiga dusun yang dibentuk menjadi desa ini sudah memenuhi syarat-syarat, seperti minimal batas usia desa induk, jumlah penduduk, wilayah kerja yang memiliki akses transportasi antarwilayah, sosial budaya, potensi dan syarat-syarat lainya,” jelas Dia.

“Dan pembentukan Desa sendiri dilakukan melalui Desa persiapan,” katanya menambahkan.

Sementara itu, anggota DPRD Maluku Tengah, Hasan Alkatiri, mendukung penuh langkah Pj Bupati dalam pemekaran Dusun menjadi Desa. Wakil rakyat Daerah Pemilihan Seram Utara ini menyarankan agar puluhan dusun di sana juga dimekarkan menjadi desa persiapan sebagai salah satu jalan untuk pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal senada juga disampaikan warga Dusun Seti Bakti, Stevanilla Orobayam. Dia mengungkapkan, sebagai masyarakat Dusun Seti Bakti sangat mengapresiasi kinerja Pj Bupati terkait dengan pemekaran dusun menjadi Desa Administratif.

“Sekali lagi kita minta terimakasih kepada bapa Bupati atas kepedulian beliau kepada kita di desa. Dengan pemekaran dusun jadi desa Kita dapat mengatasi kesulitan yang terjadi,” pungkasnya.

Penulis: Nair Fuad

BACA JUGA :  Tinjau Posko Gugus Tugas Covid-19 Perbatasan, Bupati SBT Serahkan Bantuan

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.