Lebih dari 6000 Mahasiswa Baru Unpatti Diterima Melalui Tiga Skema Seleksi, Ini Penjelasan Warek Bidang Akademik

oleh
oleh
Wakil Rektor I Bidang Akademik Unpatti, Prof Dr. Dominggus Malle (tengah) saat menyampaikan keterangan pers kepada wartawan di ruang media center Kampus Unpatti, Kota Ambon, Selasa (9/7/2024). (FOTO: Terasmaluku.com)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Universitas Pattimura (Unpatti) sesuai kuota tahun 2024 akan menerima mahasiswa baru sebanyak kurang lebih 6.643 orang.

Ribuan mahasiswa baru diterima melalui tiga skema seleksi penerimaan. Diantaranya Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Kepada wartawan di media center Kampus Unpatti, Kota Ambon, Selasa (9/7/2024), Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Dominggus Malle, menjelaskan, untuk seleksi SNBP dan SNBT, kelulusannya ditentukan oleh Kementerian, namanya Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru. Sedangkan untuk jalur mandiri diberikan kesempatan untuk perguruan tinggi melaksanakan seleksi tersebut.

“Untuk tahap pertama (SNBP) dan kedua (SNBT) sudah dilakukan, dan perlu saya informasikan bahwa berkaitan dengan tes mandiri itu dilakukan untuk memenuhi kuota yang tersedia di Universitas Pattimura yaitu sebanyak kurang lebih 6643 kursi atau mahasiswa yaitu kuota total dari Universitas Pattimura, yang mana keseluruhan kuota ini akan dipenuhi oleh ketiga jalur tadi (SNBP, SNBT dan Madiri),” jelasnya.

Dikatakan, kuota untuk jalur SNBP sebanyak 30%, SNBT 40% dan Mandiri 30%. Selanjutnya pada 6 Juli 2024, pihaknya melakukan perekapan terhadap proses daftar ulang seleksi SNBP dan SNBT. Ini dilakukan untuk melihat sisa kuota yang tersedia untuk diisi melalui jalur Mandiri. “Jadi pada jalur SNBP dan SNBT ada prodi-prodi yang kuotanya tidak terpenuhi, banyak sebagian besar prodi di Unpatti itu tidak terpenuhi sehingga sisa kuota tadi itu dialihkan untuk diisi melalui jalur mandiri,” sebutnya.

Prof Malle menyebutkan, pada jalur SNBP terdapat peminat sekitar 4.085 orang yang terbagi dalam 74 program studi. Yang dinyatakan lulus hanya 1321 orang. Kemudian pada registrasi ulang, yang mendaftar lebih sedikit yaitu 1.128 orang.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Tinjau Penyerahan Bansos di Kantor Pos Dobo Kepulauan Aru

Sementara peminat pada jalur SNBT tercatat sebanyak 3452 orang. Yang dinyatakan lulus sebanyak 1457 orang dan melakukan pendaftaran ulang hanya 1222 orang. Masih ada selisih yang nantinya akan diisi pada jalur mandiri.

Untuk jalur seleksi Mandiri, Prof Malle mengaku ada tiga tahapan yang dilakukan. Pertama yaitu Mandiri Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Mandiri Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), dan Mandiri Prestasi.

Seleksi Mandiri UTBK diikuti oleh 3991 orang, dan yang dinyatakan lulus sejumlah 3031. Untuk seleksi Mandiri RPL diikuti oleh sebanyak 135 orang, dan yang dinyatakan lulus sejumlah 125 orang. Sedangkan seleksi Mandiri Prestasi pemintanya sebanyak 185 orang dan yang dinyatakan lulus 117 orang.

“Melihat kondisi ini pemenuhan kuota dari jalur SNBP, SNBT dan Mandiri, kuota Unpatti sebanyak 6643 mahasiswa itu belum terpenuhi, sehingga ada prodi-prodi yang diberikan kesempatan untuk dilakukan seleksi mandiri gelombang kedua,” jelasnya.

Ada sekitar 53 prodi yang akan diberikan kesempatan untuk melaksanakan seleksi UTBK gelombang kedua. Mereka tercatat belum memenuhi kuota di bawah 50%. “Ada sekitar 21 prodi yang kuotanya sudah terpenuhi 100%. Masih ada 53 prodi yang masih kosong, tetapi akan dilihat kalau misalnya kuota yaitu sudah mencapai sekitar 80 – 90% itu kami tidak lagi membuka gelombang kedua, hal ini disebabkan karena masih banyak prodi yang pemenuhan kuotanya kurang dari 10%,” tambahnya.

Sebelumnya, untuk memenuhi kuota yang tersedia, Unpatti juga akan membuka seleksi Mandiri UTBK gelombang kedua. Proses pendaftaran dibuka sejak tanggal 10 – 14 Juli 2024. Selanjutnya pada tanggal 15 – 17 Juli 2024 akan dilaksanakan ujian tertulis. “Kemudian pengumuman (seleksi mandiri UTBK gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal  20 Juli 2024,” tambahnya.

BACA JUGA :  Anggota DPR RI Maluku dan BRIN Latih UMKM Digital Marketing

Prof Malle menyampaikan, untuk pelaksanaan Seleksi Mandiri UTBK Gelombang kedua hanya dilakukan di kampus Unpatti Poka, Kota Ambon.

“Karena sebelumnya kegiatan UTBK Mandiri gelombang pertama itu dilakukan selain di pusat UTBK kampus Unpatti juga dilakukan di sub pusat UTBK yang ada di Aru, Tual, Saumlaki dan Tiakur. “Jadi ada sub pusat UTBK, nah untuk gelombang kedua kita hanya fokus di Ambon,” jelasnya.

Penulis: Husen Toisuta

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.