Mahasiswa Demo Bupati SBT Desak Operasikan PLTD Kilmury

oleh
oleh
Sejumlah mahasiswa berdemo di Kantor Bupati SBT mendesak Bupati memfungsikan PLTD Kelmury, Senin (8/7/2024(. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-BULA-Empat organisasi kemahasiswaan  berunjukrasa ke Kantor Bupati Seram Bagian Timur di Kota Bula, Senin (8/7/2024).

Empat organisasi mahasiswa yang berdemo itu tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Dalam aksinya mereka mendesak Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur segera mempercepat pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Kilmury Kabupaten SBT. Pasalnya hingga berpuluh-puluh tahun masyarakat Kecamatan Kilmury tinggal hidup tanpa aliran listrik.

Sayangnya, aspirasi yang disampaikan mahasiswa selama berjam-jam itu tidak didengar langsung Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Idris Rumalutur maupun Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Mirnawati Derlaen.

Bupati hanya mengutus Asisten I Setda SBT A. I. T Ambo Wokabubun dan Asisten II Ramli Sibualamo. Para pendemo menyampaikan sejumlah tuntutan yakni agar PLTD Kilmury dipungsikan.

Dalam tuntutannya juga, pendemo mendesak Bupati Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Idris Rumalutur untuk segera mengeluarkan surat ijin kepada pihak PLN agar melakukan operasikan listrik di Kecamatan Kilmury.

“Mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) SBT untuk menuntaskan proyek pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di kecamatan Kilmury, sekaligus mengeluarkan Surat Layak Operasi ( SLO),” kata salah satu orator.

Pendemo juga meminta Bupati dan Wakil Bupati menjelaskan terkait dengan keterlambatan pelayanan listrik PLN di Kecamatan Kilmury. “Jika dalam waktu dekat tidak ada kejelasan, kami akan melakukan aksi demonstrasi dengan cara berbeda,” kata pendemo dalam orasinya.

Diketahui, selain di Kantor Bupati setempat, pendemo juga menggelar demonstrasi di Kantor PLN Bula dan Kantor DPRD Kabupaten SBT.

BACA JUGA :  Siaga Nataru, PLN Maluku Siap Amankan Pasokan Listrik

Kantor PLTD Kelmury memang dibagung Pemkab SBB namun pelepasannya belum diserahkan ke pihak PLN sehingga inilah salah satu penyebab Kelmury masih belum menikmati alirasn listrik PLN.

Liputan : Sofyan 

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.