Pemkab Malteng Apresiasi Muskerwil ke-II AM Gereja Esa Indonesia

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-MASOHI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah mengapresiasi terlaksananya Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) dan Sidang Istimewa Ke-II AM Gereja Esa Indonesia di Jemaat Sion Layeni, Kecamatan Teon Nila Serua, Masohi, Rabu (10/7/2024)

“Kehadiran Gereja Esa Indonesia, banyak membantu Pemkab dalam upaya membangun daerah ini terutama meningkatkan kualitas iman kristiani umat melalui program-program pelayanan,” kata Pj Bupati Rakib Sahubawa dalam sambuatnya yang dibacakan Sekda Jauhari Tuarita.

Pemkab Malteng sangat mengapresiasi kiprah dan peran Gereja Esa Indonesia dalam membina dan melayani masyarakat. Apalagi Indonesia adalah bangsa yang religius. Untuk itu, Gereja Esa Indonesia senantiasa terus melayani seluruh jemaat yang tersebar di berbagai wilayah. Mengingat bahwa kehidupan bergereja saat ini memiliki tantangan sebagai mitra strategis pemerintah.

“Dengan Muskerwil tersebut dapat melahirkan keputusan-keputusan yang ditetapkan sesuai dengan kebutuhan serta tantangan yang dihadapi gereja masa kini, yakni tantangan ekonomi global, lingkungan, sosial, politik, dan teknologi informasi,” harap Jauhari.

Dari tantangan itu gereja dituntut untuk mempertajam kepekaannya terhadap perkembangan yang ada, membangun pemahaman, membangun komitmen, pelayanan kasih serta menghormati dan mendengar kepada pihak lain dalam perbedaan-perbedaan.

“Kementerian Agama saat ini terus menggaungkan penguatan moderasi beragama. Untuk itu, saya berharap
gereja juga dapat memberikan sumbangsih dan terus dapat
mengkampanyekan nilai-nilai moderasi beragama pada tiap-tiap pertemuan dengan jemaat,” pinta Jauhari.

Untuk itu, peran serta gereja Esa Indonesia dalam mendukung proses-proses pertumbuhan wilayah di Malteng terutama dalam upaya bersama untuk penyelesaian masalah kemiskinan, pemberdayaan ekonomi keluarga, pemberdayaan masyarakat, peningkatan kualitas sumberdaya manusia, serta turut berperan memerangi penyakit masyarakat yang muncul sebagai akibat pesatnya perkembangan global yang hampir tak terkendali.

BACA JUGA :  FOTO: Warga Kota Ambon Antri Beli Beras Murah

“Para pelayan Tuhan di Gereja Esa Indonesia diharapkan dapat senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan agama di kalangan umatnya. Terlebih di era digital saat ini, di mana tantangan umat beragama jauh lebih besar,”ujar Jauhari

Umat perlu bimbingan dan pendampingan yang tiada henti di era disrupsi ini. Di sinilah peran gereja sangat penting untuk mengarahkan umat.

Kiranya kegiatan ini mampu menjadi media evaluasi serta pemantapan program-program pelayanan dan peran Gereja Esa Indonesia dalam menghadirkan pelayanan gereja yang berkualitas bagi pelebaran sayap kerajaan Allah di muka bumi ini.

Penulis: Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.