Tingkatkan Kapasitas Tata Kelola Dana Desa Cegah Penyalahgunaan, Pj Bupati Malra Ingatkan Kepala Ohoi Pahami Program Prioritas

oleh
Penjabat Bupati Maluku Tenggara, Jasmono

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara terus tingkatkan kapasitas aparat desa dalam pengelolaan Dana Desa (DD) di kabupaten berjuluk Larwul Ngabal itu.

Penjabat Bupati Maluku Tenggara, Jasmono diwawancarai Rabu (10/7/2024) mengatakan, untuk ciptakan tata kelola Dana Desa sesuai aturan sekaligus cegah dan minimalisir penyalahgunaan, Pemkab gelar pertemuan bersama Camat dan Kepala Ohoi (Desa) se-Kabupaten Maluku Tenggara.

Dalam pertemuan di Aula Kantor Bupati yang dihelat Rabu (3/7/2024) lalu itu, Jasmono katakan Dana Desa dikelola dengan mengedepankan prinsip-prinsip tata kelola keuangan yang baik, dan melakukan prosedur serta mekanisme pengelolaan Dana Desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Evaluasi secara berjenjang juga dilakukan untuk memastikan penggunaan keuangan negara ini sesuai dengan program dan kegiatan yang telah ditetapkan.

Aparat desa seyogya memang sudah memahami bagaimana mengelola Dana Desa, namun setiap saat pasti ada perubahan-perubahan regulasi.

“Maka dari itu kita harus terus meningkatkan kapasitas pengelolaan Dana Desa sehingga apa yang kita lakukan sejalan dengan amanat peraturan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku,”tegasnya.

Agar capai target dan sasaran kinerja di tingkat Desa, harus dilakukan evaluasi terhadap pengelolaan Dana Desa tahun sebelumnya.

Dan yang paling penting, harus melihat program prioritas yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah khususnya untuk penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, dan pelayanan publik.

Untuk selanjutnya menyusun agenda-agenda prioritas yang harus disinergikan antara program di tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa.

“Oleh sebab itu, kami harapkan komitmen kita bersama, tanggung jawab kita bersama, untuk dapat mengelola Dana Desa ini dengan baik,”tuturnya.

Pengawasan dan pendampingan terhadap pengelolaan DD ini juga tak kalah penting, sehingga Pj Bupati harapkan para Camat, Dinas PMD, dan Inspektorat untuk terus berkolaborasi.

BACA JUGA :  Oppo A33, Suguhkan Pengalaman Terbaik Dengan Layar Luar Biasa

“Hal ini guna meminimalisir dan mencegah penyalahgunaan Dana Desa di tingkat Ohoi (Desa),”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.