Hidup Untuk Hutan Dan Komunitas

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Rektor Universitas Pattimura Prof M.J Sapteno memberi arahan pembukaan acara Syukuran Natal dan Buka Tahun Kerja Fakultas Pertanian Unpati Ambon hari ini di lobby gedung Jurusan Kehutanan, Rabu (20/1/2021).

Dalam sambutannya Rektor menegaskan bahwa hutan perlu dijaga dan dilestarikan. “Hutan adalah paru-paru dunia. Olehnya jika paru-paru rusak maka hidup terancam” ungkapnya.

Ia juga mengutip buku “Potret Orang-Orang Kalah’ yang disunting oleh Roem Topatimasang. Dalam buku itu antara lain dikisahkan tentang nasib masyarakat di pulau-pulau yang makin terancam.

“Dulu masyarakat hanya ke belakang rumah untuk tangkap hewan buruan. Sekarang.perlu berjalan berjam-jam karena hutan makin rusak,” ungkap Sapteno. Olehnya ia mengajak para akademisi dan stakeholder terkait untuk bersama-sama menyelamatkan hutan.

Sebelumnya Ketua Jurusan Kehutanan Unpatti Dr Tine Tjoa dalam.sambutan awalnya menyatakan bahwa dunia akademik terpanggil bukan saja untuk mengembangkan ilmu tetap.bertanggungjawab untuk menolong.masyarakat.

“Fakta membuktikan bahwa masyarakat di sekitar hutan masih bergumul dengan kemiskinan. Fakta ini menggerakan dunia akademik untuk berkolaborasi untuk membuat masyarakat sejahtera,” tegas Dr Tine.

Ia menjelaskan bahwa tema acara ini adalah Life For Forest & Community. Tema ini hendak menegaskan bahwa manusia dan hutan saling membutuhkan. “Bagai sekeping mata uang dua entitas itu sangat berkontribusi bagi kehidupan,” ungkap alumni S3 IPB Bogor ini.

Acara ini selain dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. John Matinahoruw dan civitas akademika Jurusan Kehutanan Unpatti juga dihadiri kepala Dinas Ketuhanan Provinsi Maluku, kepala Balai BPHP, kepala Balai BKSDA, kepala Balai PKSL, kepala Balai PDAS-LH, Kepala Balai PSKL, Kepala Taman Nasional Manusella.

Ronny Loppies, M.Sc menjadi host kegiatan ini dengan MC Dr.Sien Latumahina serta beberapa biduan di antaranya Betto Idol, Jemmy Titarsole, Delton Pesolima dan The New Amadeus. Sukses untuk keluarga besar Jurusan Kehutanan Unpatti Ambon. (Rudy Rahabeat, Kontributor Terasmaluku.com)