Hiking ke Gunung Siwang, Mendagri Sebut Banyak Puncak Hoax

by
Menteri Dalam negeri (kuning) Tito Karnavian saat hiking ke Puncak Siwang bersama rombongan pagi tadi (24/7). FOTO: Alfian Sanusi

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sehari setelah tiba di Ambon, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian beserta rombongan  melakukan hiking di Gunung Siwang, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Jumat (24/7/2020). Gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut.

Meski dalam kondisi cuaca yang tidak baik lantaran terus diguyur hujan, Tito tetap melanjutkan perjalanan ke puncak Siwang yang merupakan salah satu tempat wisata di Ambon.

Untuk sampai di puncak Siwang yang kini menjadi lokasi wisata Siwang Paradise, pengunjung menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Namun Tito memilih cara berbeda. Mantan Kapolri itu menempuh jalur hijau di punggung hutan Siwang yang punya tipe menanjak, terjal dan licin.

Wartawan Terasmaluku.com yang berkesempatan mengikuti tim menteri itu mencatat, Tito sempat menyela untuk beristirahat beberapa kali. Jalan di hutan pun berbecek yang kian memperlambat langkah.

Loading...

Di tengah perjalan warga pun memberikannya kelapa muda. Tak butuh waktu lama dirinya bersama rombongan lantas meminum air kelapa sebagai penambah energi sebelum melanjutkan hingga ke Siwang Paradise – lokasi wisata puncak dengan pemandangan laut Ambon menakjubkan.

Sayangnya, setelah sampai di puncak Siwang Menteri ini tidak dapat melihat indahnya pemandangan laut dan kota Ambon menjadi salah satu icon wisata saat ini karena tertutup tebalnya kabut.

Meski begitu dia tetap memuji jalur hiking yang mereka lewati itu. sesampainnya di sana, mereka menutup dengan secangkir teh jahe.

“Track luar biasa bagus Gunung Siwang ini, sebenarnya dari Siwang ini bisa melihat kota Ambon karena kabut, licin dan gerimis kita tidak bisa melihat kota Ambon, tapi yang penting dapat sehatnya,” kata Tito

Tito mengatakan, dalam perjalan banyak sekali puncak yang hoax yang membuat mereka kewalahan karena sudah seakan sudah berada di titik tertinggi, padahal masih banyak tanjakan yang harus dilewati baru bisa mencapai puncak sebenarnya.

“Kayaknya dari bawah tadi banyak puncak hoax karena setelah tanjakan datar setelah itu tanjakan lagi,” katanya. Dia menambahkan, keberadaannya di Ambon ini merupakan rangakaian kunjungan bersama Menkopolhukam dan Wakapolri dalam rangka penanganan covid dan pilkada mulai dari NTB, Papua dan Ambon. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *