Hilangnya Nelayan Tual, Jadi yang Pertama pada Desember

by
Pencarian nelayan asal Tual, Kabupaten Maluku Tenggara yang hilang kontak sejak Kamis lalu (15/12). FOTO: Dok. SAR Ambon

TERASMALUKU.COM,AMBON, –  Seorang nelayan hilang kontak sejak Kamis (12/12/2019) saat melaut. Abu Retob, pria 55 tahun itu mengenakan long boat rute  Tual – Pulau Hoa Kabupaten Maluku Tenggara.

Sayangnya dalam perjalana melaut, Abu, hilang kontak. Baru pada Minggu (15/12/2019) pihak keluarga melapor ke Basarnas pada pukul 06.30 WIT.

“Korban hilang kabar menggunakan long boat dan jumlah penumpang 1 orang. keluarga melapor k epos SAR Tual lalu diteruskan ke SAR Ambon sebagai pusat pengendali operasi di Maluku,” jelas Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Ambon, Muslimin kepada Terasmaluku.com.

Pihaknya lantas mengerahkan tim yang bertolak ke dua titik lokasi dugaan hilangnya nelayan pada pukul 07.00 WIT. Mereka bergerak ke 5° 39.793′ S – 132° 32.276′ E Heading : 260° Arah Barat Daya Tual menggunakan KN. SAR BHARATA. Atau berjarak 18 NM dari pelabuhan Perikanan Tual.

“Tim gabungan kami suda turun meski cuaca ada hujan lokal,” tambahnya. Mereka terdiri dari Rescuer Pos SAR Tuak, ABK KN. SAR BHARATA, KPLP Tual, Polres, Brimob. Juga Bakamla, Syabandar, BPBD dan Masyarakat Setempat Menurut Muslimin kejadian nelayan hilang ini merupakan yang pertama di Bulan Desember 2019. (PRISKA BIRAHY)