Himbau Warga Untuk Tidak Mudik, Babinsa dan Pemuda SSI Gelar Patroli di Laut

by
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Abdul Basir Patty dan elemen pemuda Siri Sori Islam (SSI) menggelar patroli laut, Senin malam (20/4/2020).FOTO : PENREM 151/BINAIYA

Upaya mencegah penyebaran coronavirus disease (Covid-19) di Provinsi Maluku terus dilakukan semua pihak ke sejumlah pelosok. Di Pulau Saparua upaya ini dilakukan dengan melibatkan semua komponen masyarakat, menyusul temuan beberapa warga yang terkonfirmasi positif terpapar virus  ini.

Hal yang sama juga dilakukan sejumlah pemuda di Negeri Siri Sori Islam (SSI), Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Mereka menggelar patroli di tengah laut untuk mencegah warga asal negeri itu di perantauan melakukan mudik jelang bulan Ramdhan 1441 Hijriah. Patroli ini dipimpin langsung Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Abdul Basir Patty dan elemen pemuda setempat, Senin malam (20/4/2020).

Patroli di tengah laut yang dilakukan pada malam hari ini, dimaksudkan untuk mencegah arus mudik warga yang datang dari wilayah terpapar menggunakan transportasi laut speedboat yang banyak terjadi di desa tersebut jelang bulan suci ramadhan.

Loading...

Aksi patroli ini,  juga disampaikan ke publik berupa video himbauan yang dibagikan ke sejumlah akun media sosial (facebook dan WhatsApp). Dalam video berdurasi 1 menit 32 detik itu, Babinsa Abdul Basir Patty yang didampingi kepala Pemuda Negeri SSI As Pelupessy mengatakan, patroli yang dilakukan ini akan berlangsung dalam waktu lama.

“Kami minta agar warga yang ada di perantauan untuk tidak pulang kampung, baik yang ada di Kota Masohi, Ambon dan sekitarnya. Bila tetap pulang, maka basudara tidak sayang kepada keluarga di negeri (kampung halaman). Himbauan ini bersifat larangan,” kata Babinsa dalam siaran pers Penrem 151/Binaiya yang diterima Terasmaluku.com, Jumat (24/4/2020).

Babinsa yang didampingi komponen pemuda itu mengatakan, upaya patroli yang dilakukan merupakan bentuk keprihatinan atas kondisi yang terjadi. Dan atas kegiatan ini, mereka mamastikan untuk tidak segan-segan bertindak bila ada warga yang tetap mudik. “Yang mencoba melanggar akan kami beri tindakan, siapapun orangnya kami akan hadapi bersama aparat kepolisian,” tandas Babinsa. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *