Hingga Juni 2020 BPJAMSOSTEK Bayarkan Manfaat Sebesar Rp 35,77 Milyar

by
kepala BPJAMSOSTEK Maluku Alias Muin. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJAMSOSTEK Maluku hingga 30 Juni 2020 talah membayarkan manfaat kepada peserta sebanyak Rp 35,77milyar rupiah. Pembayaran tahun ini terjadi peningkatan dibandingkan dengan tahun kemarin karena kondisi Pandemi Covid, sehingga banyak karyawan yang di PHK oleh pihak perusahaan.

“Kita telah membayarkan manfaat kepada peserta sebanyak Rp 35,77 milyar rupiah, terdiri atas 3.092 kasus,” kata Kepala BPJAMSOSTEK Maluku Alias Muin kepada Terasmaluku.com, Selasa (7/7/2020).

Muin mengatakan, pembayaran Rp 35,77 milyar ini terdiri dari empat program BPJAMSOSTEK yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. “Jadi anggaran itu semua kita bayarkan untuk empat program di BPJAMSOSTEK,” kata Muin.

Loading...

Muin mengaku, terjadi peningkatan tahun ini dengan jumlah kasus 52 persen dan peningkatan jumlah manfaat sebanyak 57 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019 kemarin. hal tersebut karena ditengah Pandemi Covid saat ini banyak karyawan yang di PHK oleh perusahaan. “Sehingga BPJAMSOSTEK bertanggungjawab untuk membayar karyawan yang di PHK,” katanya.

Muin menambahkan, ditengah pandemi saat ini, BPJS ketenagakerjaan menerapkan protokol LAPAK ASIK (Pelayanan Tanpa Kontak Fisik) dimana peserta tidak perlu datang ke kantor BPJAMSOSTEK tapi cukup menggunakan antrian online dengan mengakses link antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.

“Jadi klaim Jaminan Hari Tua bisa dilakukan dari rumah. Hal ini dapat membantu pemerintah dalam.memutus mata rantai covid 19,” pungkasnya.(ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *