HMI Ambon Mengutuk Aksi Terorisme di Gereja Katedral Makassar

by

TERASMALUKU.COM, AMBON – Ledakan bom di depan pintu gerbang gereja katedram Makassar munculkan respon dari lapisan masyarakat.

Tak terkecuali di Ambon. HMI cabang Ambon mengutuk aksi keji bom bunuh diri yang terjadi di depan gereja Katedral Kota Makasar pada hri Minggu tanggal 28 Maret 2021.

“HMI cabang Ambon mengutuk keras Bom bunuh diri yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” Ketua Umum HMI cabang Ambon Burhanudin Rumbouw, Minggu (28/3/2021).

Perbuatan tersebut amat disayangkan sekaligus dinilai tidak berkemanusiaan. Meski begitu HMI Cabang Ambon pun meminta agar kejadian di Makassar tidak berimbas sampai ke Ambon. Burhanudin meminta agar masyarakat tetap menjaga kondisi keamanan dan ketertiban.

Gejolak tersebut diharapkan tidak sampai mengganggu keamanan di sini. “Masyarakat diharapkan turut serta membantu Kepolisian dan TNI menciptakan suasana yang kondusif dengan penuh persaudaraan sesama umat beragama dan masyarakat,” Lanjutnya.

Dia menilai perbuatan terorisme yang baru saja terjadi muncul pada simbol-simbul agama dan itu merupakan kejahatan kemanusiaan.

“Bom bunuh diri merupakan perbuatan sangat keji dalam konteks kemanusiaan tidak dapat ditolerir oleh semua umat beragama di indonesia. Apalagi terjadi pada tempat-tempat dengan simbol agama,” tegas Burhanudin.

Atas kejadian itu dia meminta segenap umat beragama di Maluku khususnya Kota Ambon tidak terpengaruh dan mengutuk keras tindakan tersebut. (PRISKA BIRAHY)