Hujan Angin, Harga Ikan Cakalang di Pasar Arumbai Tembus Rp 130.000 Per Ekor

by
Harga ikan melambung tinggi di Pasar Arumbai Ambon saat cuaca hujan dan angin, (23/5). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Di musim timur yang dominan hujan angin harga ikan di Pasar Arumbai melambung tinggi.

Harga di pedagang ikan eceran berkisar antara Rp 75.000 per ekor hingga Rp 130.000 per ekor. Seperti untuk ikan jenis cakalang.

Sementara ikan jenis momar atau kawalinya dibandrol Rp 20.000 pertampa atau dalam hitungan 6 ekor.

Irma Idris, soerang pembeli mengakui harga ikan yang tinggi berpengaruh pada usahanya.

“Ikan paleng mahal. Tapi beta jualan nasi kuning setiap hari jadi potong kecil atau pintar pilih ikan saja,” akunya ketika ditemui di pasar Arumbai siang tadi, (23/5/2021).

Saat musim hujan kondisi laut Maluku memang tidak menentu. Gelombang tinggi dan angin menjadi salah satu kendala nelayan melaut.

Apalagi rerata merupaka nelayan kecil tidak memiliki perahu bermuatan besar. Mereka harus mencari lokasi yang tepat dan agak jauh untuk mendapat ikan.

Asmundi pedagang ikan di pasar Arumbai Ambon memperoleh supali ikan dari nelayan di sekitaran Pulau Seram dan Latuhalat.

“Katong dapat ikan dari Seram dan Latuhalat. Di musim bagini memang ikan mahal, gelombang. Cakalang ini satu ekor Rp 130.000,” tuturnya sambil memotong ikan pesanan pembeli. Sedangkan saat cuaca normal harga ikan satu ekor berkisar Rp 80.000.

Sedangkan untuk ikan kecil yang dibeli dari nelayan dibandrol dengan harga Rp 1 juta hingga Rp 1.5 juta per kontainer atau loyang besar.

Mahalnya harga ikan laut amat bergantung dari cuaca. Sebaian warga dan pengusaha makanan harus pintar mengatur pembelanjaan khususnya saat membeli ikan. (PRISKA BIRAHY)