Hujan Deras, Banjir Setinggi 1 Meter Landa Dusun Laala Kabupaten SBB

by
Kantor Polisi di Dusun Laala Desa Loki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Senin (26/3) ikut terendam banjir akibat hujan deras di wilayah itu. FOTO : FADLI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Hujan deras yang mengguyur wilayah Pulau Seram menyebabkan 140 rumah warga di Dusun Laala Desa Loki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada Senin (26/3) malam kembali  terendam banjir.

Jurnalis Terasmaluku.com, Fadli Rezza Boufakar melaporkan, air menggenangi rumah-rumah warga dan jalan – jalan di dusun tersebut. Ketinggian air mencapai 1 meter. Banjir juga menggenagi sejumlah fasilitas pemerintah termasuk Kantor Polisi Sub Sektor Laala. Akibatnya warga sulit beraktivitas terutama di malam hari itu. Warga hanya bisa pasrah.

Banjir terjadi  akibat  meluapnya  sungai Dusun Laala menyusul hujan deras yang turun di wilayah itu sejak siang harinya. Akibat banjir ini, ratusan perabot rumah tangga warga seperti alat elektronik rusak. Warga tidak bisa mengevakuasi barang – barang mereka karena semua lokasi terendam banjir. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Banjir yang terjadi  sejak pukul 19:30 WIT ini mulai surut pada pukul 23 :00 WIT.Darwan Sileu, warga Dusun Laala berharap Pemerintah Kabupaten SBB maupun Pemerintah Provinsi Maluku dapat menormalisasi Sungai Laala  secepatnya agar musibah banjir tidak terjadi saat hujan tiba. Karena menurut Darwan, banjir seperti ini bukan kali pertama merendam Dusun Laala.

“Setiap hujan deras  dusun kami terendam banjir. Ini karena sungai Laala meluap.Solusinya normalisasi sungai, tapi sampai saat ini belum juga ditanggapan serius oleh pemerintah daerah, masyarakat tidak bisa  berbuat apa- apa. Kami sudah sangat kesulitan dengan kondiai kampung kami yang  setiap saat banjir saat hujan,” katanya. (FAD)