Hujan Deras Tak Kurangi Semangat Prajurit Ikuti Upacara HUT TNI ke 74

by

TERASMALUKU.COM,Ambon –Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada hari ini tanggal 5 Oktober 2019 diperingati secara serentak di seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai dengan Merauke, khususnya di Maluku dan Maluku Utara. Walaupun diguyur hujan yang lebat namun tidak menyurutkan semangat para peserta upacara yang terdiri dari tiga satuan matra TNI (Darat, Laut dan Udara), Polda Maluku, Gabungan PNS TNI, Sat-Pol PP, Tagana, Ormas dan siswa pelajar untuk mengikuti upacara tersebut pada Sabtu (05/10/2019).

Bertempat di Lapangan Merdeka Ambon, selaku inspektur Upacara Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dan bertindak sebagai Komandan Upacara Danyon 731/Kabaresi Letkol Inf Indra Herawanto, turut dihadiri Forkopimda Maluku seperti Gubernur Maluku Drs Murad Ismail, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Ketua DRPD Lucky Watimuri, Kajati Maluku, Ketua Pengadilan Tinggi Maluku, Kabinda Maluku, Danlantamal IX/Ambon, Danlanud Pattimura tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tamu undangan.

Pangdam XVI/Pattimura membacakan sambutan dari Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P. dengan menyampaikan tema Upacara HUT ke 74 TNI tahun ini yaitu “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengatakan, dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya sehingga dapat menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI berpesan “Jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini”.

“Pada kesempatan ini pula, selaku Panglima TNI dan atas nama seluruh prajurit, PNS TNI beserta keluarga besar TNI di manapun saat ini bertugas dan berada, saya ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-74” dan “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia”, yang kita cintai dan banggakan bersama”.

loading...

Prosesi Upacara Peringatan HUT ke 74 TNI dimulai dengan menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pengucapan Sapta Marga oleh Perwira dari Tiga Matra dan penganugerahan tanda kehormatan Republik Indonesia baik 8 tahun, 16 tahun dan 24 tahun.

Usai pelaksanaan upacara, Display Drumband Pela Gandong TNI dan penampilan kolone senapan Prajurit yang menampilkan keseragaman atraksi kombinasi gerakan tangan dan kaki yang membutuhkan kosentrasi tinggi cukup memukau seluruh tamu undangan yang hadir pada kegiatan tersebut. Tidak lupa juga penampilan Devile oleh prajurit gabungan TNI-Polri, Tagana, PNS TNI tiga matra, Alutsista kendaraan siap operasional dari satuan TNI-Polri.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada prajurit berprestasi (Serda K Alvin Tehupeiory Juara 1 Lari 100 M dan 200 M, Prt Ongen Juara 1 WBC Asia kelas Bulu dan Serda K Frensca Frans Juara dua Karate Panglima TNI Cup Tahun 2019) oleh Pangdam XVI/Pattimura, Danlanud Pattimura, Danlantamal IX/Ambon. Acara dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Gubernur Maluku serta penyerahan hadiah perlombaan dalam rangka menyambut HUT ke 74 TNI oleh Pangdam XVI/Pattimura serta pemberian santunan dan bantuan kepada Korban Bencana Alam yang melanda Maluku beberapa waktu lalu.

Pangdam dalam wawancara persnya dengan insan pers mengatakan, secara pribadi berharap seluruh Prajurit khususnya Prajurit Kodam XVI/Pattimura agar tetap semangat dalam menghadapi setiap tugas dan tantangan ke depan, harus lebih giat belajar dan berlatih.

Acara di tutup dengan Panggung Hiburan yaitu Panggung Prajurit yang mendatangkan sejumlah penyanyi lokal Ambon. Pada kesempatan yang sama juga diadakan pelayanan pembuatan dan perpanjang SIM Gratis bagi Prajurit. (Pendam16)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *