HUT Adhyaksa, Jaksa Agung Minta Jaksa di Maluku Tidak Cari –Cari Kesahatan Orang

by
Kejati Maluku Jan S Maringka saat membacakan sambutan Jaksa Agung HM.Prasetyo

AMBON-Jaksa Agung HM.Prasetyo minta  jajarannya untuk bertindak profesional dalam penanganan sebuah perkara, apalagi penetapan  seseorang menjadi tersangka. Saat ini  penetapan tersangka bisa menjadi objek praperadilan kepada kejaksaan. Penanganan  suatu perkara tidak boleh mencari kesalahan orang dan harus berhati-hati.

“Sikap profesionalisme sangat penting, terutama dalam penanganan perkara. Dinamika dan perkembangan hukum juga membuat kita memahami dan merespon secara tepat. Sebagai contoh, penetapan tersangka bisa menjadi objek prapradilan. Hal ini harus kita sikapi dan diantisipasi secara profesional,“demikian sambutan Jaksa Agung MH.Prasetyo yang  dibacakan Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Jan S Maringka, dalam upacara  Hari Ulang Tahun (HUT)  Adhyaksa ke 56 di Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (22/7).

Di bagian lain,  Prasetyo juga minta para jaksa untuk tetap menjaga integritas dalam menjalankan tugas penegakan hukum. Karena  godaan, cobaan dan ujian terus berdatangan saat menangani suatu perkara.  “Integritas menjadi benteng yang kuat  tatkalah  seorang jaksa menghadapi cobaan, rintangan dan godaan serta ujian agar terhindar dari perbuatan tercelah,” katanya.

Maringka kembali menegaskan, pesan  Jaksa Agung dalam HUT Adhyaksa kali ini yakni integritas, profesional dan mumpuni. Integritas diantaranya menurut Maringka, jaksa tidak  mencari – cari kesalahan seseorang  atau pihak lain dalam pengusutan suara perkara, namun pengusutan didasarkan pada peraturan yang berlaku.

“Tentunya diharapkan kita tidak cari –cari kesalahan, tapi tentunya semua berdasarkan ketentuan yang berlaku. Disamping ketentuan yang berlaku, kejaksaan juga memiliki ketentuan secara internal yang menjadi  panduan bagi kami dalam mengambil tindakan,” kata Maringka.

Selain itu, para jaksa di Maluku juga diminta tindak menjadi penghambat proses pembangunan di daerah.  Aparat penegak harus mendorong proses pembangunan berjalan baik.

Upacara HUT Adhyaksa atau Hari Bhakti Adhyaksa di Lapangan Merdeka Ambon ini melibatkan  ratusan jaksa se Maluku, dan ini baru kali pertama terpusat di Kota Ambon. Dalam upacara ini juga diberihkan penghargaan tanda jasa dari Presiden Joko Widodo  kepada para jaksa yang berdinas diatas sepuluh tahun dengan dedikasi dan prestasi yang membanggakan. Upacara HUT Adhyaksa ini juga dihadiri Muspida Maluku. ADI