HUT Bhayangkara ke 72, Kapolda Maluku Pimpin Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

by
Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto membacakan doa diatas pusara pahlawan saat tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kapahaha Ambon, Kamis (5/7/2018) dalam rangka HUT Bhayangkara ke 72 Tahun. FOTO : HUMAS POLDA MALUKU.

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar upacara ziarah rombongan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 72 Tahun di Taman Makam Pahlawan Kapahaha Ambon Kamis (5/7/2018) pagi. Upacara ziarah rombongan ini dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto.


Kapolda Maluku memimpin upacara tabur bunga diatas KP BISMA 8001 milik Polairud Baharkam Polri di Perairan Teluk Ambon

Upacara dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae, unsur Forkopimda Maluku lainnya, pejabat utama Polda Maluku serta Katua Pengurus dan Bahyangkari Daerah Maluku.

Loading…

Peserta upacara adalah gabungan aparat Polda dan PNS Polda Maluku. Meski diguyur hujan namun dengan semangat yang tinggi untuk menghormati para arwah pahlawan, upacara ziarah tetap dilaksanakam dengan penuh hikma dan semangat.

Kapolda menyampaikan meski diguyur hujan pada saat upacara, namun aparat keamanan dan peserta upacara tetap bersemangat melaksanakan upacara tersebut. “Pejuang saja bisah berjuan dan mengorbankam nyawanya untuk negara lalu mengapa kita harus takut untuk basah karena hujan untuk menghormati mereka yanng telah berjuan untuk negara ini,” kata Kapolda.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penaburan bunga diatas pusara makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kapahaha Ambon. Setelah upacara ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan,Kapolda dan rombongan juga menggelar upacara tabur diatas Kapal Patroli Bisma 8001 milik Polairud Baharkam Polri di Perairan Teluk Ambon.

Kapolda dan rombongan menggunakan kapal Bisma berlayar selama kurang lebih satu jam dari Pelabuhan Dit Pol Air Polda Maluku dan sampai di laut depan Kota Ambon kemudian kapal berhenti dan dilakukan upacara tabur bunga. Kapolda dalam sambutannya menyatakan, upacara tabur bunga kali ini sengaja  dilakukan di tengah laut, karena laut Pulau Ambon ini menyimpan sejarah perjuangan pahlawan asal Maluku.

Yakni pahlawan nasional Pattimura alias Thomas Matulesy. Pattimura pernah dibuang oleh Belanda di laut Ambon, namun berhasil selamat hingga akhirnya kembali ditangkap dan dihukum gantung. Selain itu pahlawan nasional wanita asal Maluku Christina Marta Tiahahu juga ditangkap Belanda dan disiksa hingga wafat dan jasadnya dibuang di Laut Banda. “Semangat perjuangan dan pengorbanan mereka mari kita contoh dan tiru untuk membangun Maluku yang kita cintai bersama.” Kata Kapolda.(ADI)