HUT TNI ke 73, Warga Ambon Keliling Kota Dengan Panser

by
Warga Kota Ambon naik panser keliling Kota Ambon saat perayaan HUT TNI ke 73, Jumat (5/10/2018). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Banyak cara dilakukan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 73 pada Jumat (5/10/2018). Di Kota Ambon, Kodam XVI/Pattimura mengizinkan warga masyarakat   naik panser. Dua unit panser jenis ANOA buatan PT. Pindad dikerahkan untuk mengangkut warga berkeliling Kota Ambon.

Warga mulai dari anak –anak hingga orang dewasa pun antusias naik ke panser berkeliling sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon. Keliling Kota Ambon dengan panser ini dilakukan usia upacara HUT TNI ke 73 di Lapangan Merdeka Ambon. Warga naik panser dari depan Balai Kota Ambon. Dari situ panser melintasi sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon, dan balik lagi di balai kota.

Kodam XVI/Pattimura sengaja memberikan kesempatan kepada warga naik panser untuk membuktikan TNI adalah tentara rakyat dan selalu dekat dengan rakyat.  “Dalam rangka HUT TNI ke 73, kami memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk melihat alusista milik TNI, dan naik panser. Ini biar masyarakat mengetahui peralatan kita, dan bisa  menjaga serta ada rasa  memiliki terhadap peralatan TNI. TNI adalah tentara rakyat, TNI dekat dengan rakyat,” kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto usai memimpin upacara HUT TNI ke 73 di Lapangan Merdeka Ambon.

Loading...

Selain naik panser, TNI juga menggelar pameran alusista di Lapangan Merdeka Ambon. Pameran menampilkan peralatan TNI dari tiga matra. Kegiatan ini menarik perhatian warga Kota Ambon. Warga melihat dan berfoto selfie dengan berbagai peralatan TNI. Pameran akan berlangsung selama tiga hari.  Pangdam meminta warga untuk datang ke pameran agar melihat langsung peralatan TNI.

Upacara HUT TNI dihadiri seluruh  unsur Forkopimda Maluku seperti Gubernur Maluku Said Assagaff, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, dan pejabat sipil lainnya. Di sela-sela perayaan HUT TNI/ Pangdam menyerahkan bantuan Rp 300 juta untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Utara.

Usai upacara, ratusan aparat Kodam XVI/Pattimura uji kehebatan bela diri mereka di Lapangan Merdeka Ambon. Setelah itu, warga pun  bebas makanan gratis seperti bakso dan somai yang disediahkan pihak TNI. HUT TNI ke 73 di Ambon juga dimeriahkan dengan hiburan oleh artis ibukota seperti  Janita Janet. Acara musik juga akan berlangsung selama tiga hari hingga berakhirnya pameran alusista. (FAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *