IAKN Ambon Wisudakan 104 Sarjana, Tiga Lulusan Terbaik Langsung ke Korea

by
IAKN Ambon menggelar wisuda sarjana di kampusnya, Sabtu (7/12/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon mewisudakan 104 sarjana dan pasca sarjana dalam sidang senat terbuka yang digelar di Kampus IAKN Ambon Sabtu (7/12/2019). Dari 104 mahasiswa yang diwisudakan, 87 orang S1, magister 14 dan 3 orang doktor.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Lutfi Rumbia mengatakan, kehadiran IAKN di Maluku ini harus mampu menjawab kebutuhan pengembangan kualitas sumber daya manusia, seiring dengan moralitas dan integritas kebangsaan yang tinggi, jujur dak kreatif.

“Untuk mewujudkan itu, IAKN Ambon dituntut mampu menjamin kualitas lulusannya sesuai standar dan kompetensi global serta dapat mempersiapkan peserta didiknya bersaing di pasar kerja,” kata Murad.

Menurut gubernur, perlu adanya rencana strategis penyelenggaraan pendidikan yang terkait dan sepadan dengan kebutuhan terutama di Maluku.”Olehnya itu, bagi para pengelola pendidikan, dosen haruslah terus memastikan sistim pendidikan pada IAKN ini harus tepat dan benar, agar dapat menghasilkan lulusan yang cerdas dan berdaya saing,” katanya.

loading...

Rektor IAKN Ambon Dr. Agusthina Ch Kakiay mengatakan, beberapa lulusan cumlaude dari IAKN akan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Korea, karena IAKN Ambon telah bekerjasama dengan salah satu universitas yang ada di negara itu.”Tiga orang lulusan terbaik dari IAKN Ambon akan melanjutkan studi Korea,” kata Agusthina.

Kemudian, lanjut dia, setelah lulus dari Korea, ketiganya harus kembali dan mengabdi di Kampus IAKN Ambon. Sudah ada perjanjian kontrak antara pihak kampus dengan mahasiswa yang melanjutkan studi di Korea.”Kalau yang jurusan musik sudah kami buat perjanjian, kami berharap setelah lulus di sana (Korea) mereka kembali di kampus ini untuk mengabdi,” katanya. (ALFIAN SANUSI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *