IDI Maluku: Masyarakat Harus Diberi Pemahaman Tentang Vaksin Covid Agar Tidak Terjadi Penolakan

by
Wakil Ketua IDI Maluku, dr. Saleh Tualeka, SpM.,M.Kes. Foto: Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku, dr. Saleh Tualeka, SpM.,M.Kes menyebutkan, sosialisasi tentang vaksin covid-19 kepada masyarakat sangat penting dilakukan oleh pemerintah maupun Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Maluku.

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penolakan-penolakan oleh masyarakat saat proses vaksinasi dijalankan.

Jika masyarakat telah memahami apa itu vaksin dan pentingnya vaksin covid, lanjut dia, maka dengan sendirinya masyarakat bersedia dengan sukarela divaksin.

“Harus lebih gencar lagi mensosialisasikan (seputar vaksin covid) karena wajarlah kalau masyarakat masih bertanya-tanya apa itu vaksiniasi covid. Karena memang harus diberi pemahaman sehingga ketika mereka sadar dan paham maka akan bersedia dan sukarela divaksin tentu juga sasaran ini juga pasti terseleksi secara ketat terhadap kelompok-kelompok mana yang akan diberi vaksin itu,”tuturnya menjawab Terasmaluku.com, Senin (9/11/2020) via seluler.

Loading...

Disamping itu, masyarakat juga harus memahami dan sadari betul bahwa kebijakan yang diambil pemerintah baik pusat maupun daerah dalam penanganan covid-19 bertujuan untuk kemaslahatan banyak orang terutama dari aspek kesehatan.

“Kita harus memahami apapun kebijakan yang diambil pemerintah itu bertujuan besar agar masyarakat dilindungi dan diselamatkan. Intinya masyarakat harus diberi pemahaman dan juga mereka percaya kepada pemerintah kebijakan bahwa vaksinasi covid ini adalah bagaimana menyelamatkan masyakarakat kita biar tidak terkena covid,”tandasnya.

Sekedar tahu, sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meikal Pontoh mengatakan Maluku akan mendapatkan 1,1 juta vaksin covid.

1,1 juta vaksin covid ini akan didistribusikan ke 11 kabupaten/kota di Maluku sebagai upaya penanganan covid-19. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *