IGRT Sebagai Teknik Unggulan Adi Husada Cancer Center Dalam Radioteraphy

by
Layanan radioterapi bagi pasien kanker di Adi Husada Cencer Center jadi salah satu pilihan pengobatan dengan teknik terbaik. FOTO: Dok. AHCC

SEBAGAI layanan kanker kebanggaan Arek-arek Suroboyo, Adi Husada Cancer Center (AHCC) berkomitmen untuk memberikan pengobatan yang cepat, akurat dan efektif bagi pasien.

Tim dokter spesialis dan staf multidisiplin medis berseritikasi AHCC ditunjang dengan teknologi mutakhir dan fasilitas modern berstandart Internasional yang telah menjadikan AHCC sebagai institusi medis terkemuka di Indonesia bagian timur.

BACA JUGA : Layanan Radioterapi Pasien Kanker di Adi Husada Cancer Center Surabaya

Sebagai layanan kanker terintegrasi swasta pertama di Indonesia Timur, Adi Husada Cancer Center senantiasa mengutamakan kenyamanan dan keamanan pasien dalam penanganan kanker. Dengan teknik Image Guided Radiation Therapy (IGRT), yaitu salah satu metode pengobatan mutakhir yang tersedia dalam terapi radiasi sinar eksternal.

Teknik IGRT merupakan teknik radioterapi menggunakan metoda pemantauan/ scanning sesaat sebelum radiasi, sehingga menghasilkan gambaran pasti yang akurat mengenai perubahan posisi tumor terhadap organ pasien di sekitarnya ketika pasien berada di atas meja penyinaran. IGRT juga dapat memungkinkan penyesuaian lapangan penyinaran terhadap kondisi tumor secara aktual setiap kali radiasi.

Terapi radiasi melalui proses perencanaan yang detail agar dapat memberikan dosis tinggi radiasi langsung pada kanker. Jaringan yang sehat di sekelilingnya diberi dosis serendah mungkin untuk mengurangi risiko cedera pada jaringan ini.

IGRT memungkinkan dosis radiasi sesuai dengan bentuk tiga dimensi (3-D)tumor dengan memodulasi atau mengendalikan intensitas sinar radiasi dalam beberapa volume kecil. IGRT juga memungkinkan dosis radiasi yang lebih tinggi difokuskan ke daerah dalam tumor sambil meminimalisir dosis di sekitar struktur normal yang penting.

Karena penyampaian radiasi sangat ditargetkan dan sesuai dengan bentuk tumor, hal ini sekaligus mengurangi jumlah radiasi ke jaringan sehat di sekitarnya, ini menunjukkan potensi signifikan untuk meningkatkan rasio terapeutik lebih lanjut dan mengurangi toksisitas.

Pada tahap awal radiasi, pasien perlu menjalani simulasi CT sebelum terapi radiasi dilakukan. Gambar CT yang dihasilkan dari simulasi CT akan digunakan untuk merumuskan rencana perawatan yang disesuaikan untuk setiap pasien. Setelah itu, terapi radiasi diberikan secara eksternal melalui akselerator linier dengan dosis yang teratur.

Selama perawatan, pasien ditempatkan dengan nyaman di sofa perawatan. Pengobatannya, yang berlangsung sekitar 15 menit, tidak menimbulkan rasa sakit. Terapi radiasi diberikan 5 hari seminggu sedangkan keseluruhan pengobatan bervariasi dari 1 sampai 7 minggu tergantung ukuran, lokasi dan jenis kankernya.

Mengapa IGRT ?

Dengan menggunakan IGRT, dokter dapat menargetkan radiasi lebih akurat. Karena terapi ini disesuaikan secara individual, perencanaannya dapat memakan waktu lebih lama daripada terapi lainnya, dan tiap sesi terapi dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama.

Karena IGRT dapat melacak perubahan pada kanker Anda selama terapi, maka rencana terapi Anda dapat berubah pada tahap manapun. Hal ini dapat menyebabkan:

• Terapi yang lebih baik.
• Terapi radiasi yang lebih tepat dan efektif.
• Efek samping hanya sedikit.

Manfaat IGRT

• Rasa aman dengan pemberian dosis radiasi lebih tinggi dan lebih efektif.
• Memberi harapan baru atas kesembuhan pasien dengan jenis tumor yang sulit untuk diobati, seperti tumor yang berada di area organ vital atau daerah lainnya yang sulit untuk di jangkau.
• Membantu membatasi jumlah radiasi yang dikirimkan ke jaringan sehat di sekitar tumor tersebut karena batasnya lebih ketat dan dapat ditetapkan.
• Memungkinkan dokter untuk memberikan dosis radiasi terhadap tumor karena batasnya lebih ketat.
• Mengurangi efek samping dan meningkatkan kualitas hidup pasien.
• Mempersingkat masa pengobatan secara keseluruhan. (ADVETORIAL)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *