Imgrasi Ambon Buka Layanan EAZY Passport di Kabupaten Buru

by
Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon tengah melayani pembuatan passport bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Buru di Kota Namlea, Rabu (18/11/2020). Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon turun langsung ke Kabupaten Buru untuk membantu pembuatan dan perpanjang passport bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Buru melalui program Layanan EAZY Passport.

Kepala Seksi Lalulintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, R. Roy Rumayauw menjelaskan Layanan EAZY Passport merupakan program inovasi Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham yang dilaksanakan Kantor Imigrasi di seluruh Indonesia dan sudah dilakukan di daerah sejak beberapa tahun.

Sedangkan untuk Kabupaten Buru kata Roy, Layanan EAZY Passport ini baru pertama kali dilakukan. Layanan ini sangat meringankan JCH Kabupaten Buru apalagi dimasa pandemi saat ini.

“Hari ini sudah selesai proses pengambilan biometriknya untuk tujuh JCH. Layanan ini membantu mempermudah masyarakat mengurus dan memperpanjang Passport. Nanti cetaknya di Kantor Imigrasi Ambon yang penting syarat lainnya sudah dilakukan,”kata Roy kepada Terasmaluku.com, Rabu (18/11/2020)

Ditambahkan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru, H. Raba La Embo, S.Ag, layanan EAZY Passport di Kabupaten Buru ini juga baru pertama. Dimana kedatangan petugas Layanan EAZY Passport ke Namlea, Kabupaten Buru ini atas permintaan dari JCH Kabupaten Buru.

Loading...

“Kebetulan mereka (JCH) yang batal berangkat haji tahun ini ada yang passportnya akan habis masa berlakunya sehingga diperpanjang dan ada juga yang buat baru. Jadi mengingat saat ini masih pandemi dan jika mereka harus ke Ambon maka biaya akan jauh lebih besar karena harus rapid test dan sebagainya apalagi kita punya jamaah ini sudah tua, sehingga disepakati ditanggung biaya pulang pergi dan penginapan petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon untuk datang ke Namlea membantu,”katanya.

Lewat Layanan EAZY Passport ini lanjut dia, sebanyak 7 JCH yang dilayani. Dengan rincian 3 JCH dibuatkan passport baru dan 4 JCH diperpanjang passportnya.

JCH Kabupaten Buru yang harusnya diberangkatkan untuk ibadah haji tahun 2020 sebanyak 98 orang. Namun karena pandemi covid-19 hingga saat ini tertunda dan masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia tentang pelaksanaan ibadah haji.

“Semua jamaah telah melakukan pelunasan dan pembuatan passport, tinggal menunggu keberangkatan,”tandasnya. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *