Ini Desa di Maluku Dengan Nilai DD Terbesar Senilai Rp 5 Miliar

by
Koordinator Tenaga Pendamping Profesional P3MD Provinsi Maluku, Syahrir Rumluan. Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dari total 1.198 desa yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku, ada satu desa yang yang memperoleh Dana Desa (DD) dengan nominal yang terbilang sangat besar.

Desa ini adalah Desa Luhu yang terletak di Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Koordinator Tenaga Pendamping Profesional P3MD Provinsi Maluku, Syahrir Rumluan mengungkapkan, Desa Luhu mendapatkan kucuran DD setiap tahunnya sebesar Rp. 5 miliar. Sementara rata-rata desa-desa lainnya di Maluku perolehan DD-nya dibawah 3 miliar.

“Desa Luhu (yang terbesar mendapatkan Dana Desa), rata-rata desa di Maluku mendapatkan DD dibawah 3 miliar, tapi Desa Luhu DD-nya 5 miliar,”ungkapnya kepada Terasmaluku.com di TERAS COFFEE Ambon, Kamis (4/3/2021).

BACA JUGA : Lima Kabupaten/Kota di Maluku Siap Cair Dana Desa Tahap I Tahun 2021

BACA JUGA : Ini Salah Satu Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021

Lebih jauh dijelaskannya, dalam menentukan seberapa besar nominal DD yang akan dikucurkan bagi satu desa itu dilihat dari tiga indikator yaitu jumlah penduduk, luas wilayah dan keadaan sosial masyarakat. “Jadi kalau berbicara sosial masyarakat itu berbicara statistik kelompok-kelompok masyarakat ya bicara tentang status miskin tidak miskin. Jadi itu itu tiga indikator utama yang menjadi tolak ukur pemerintah untuk alokasikan Dana Desa,”terangnya.

Sehingga Desa Luhu yang wilayahnya luas dan rentang kendalinya tinggi ditambah dengan penduduk miskinnya banyak maka mendapat kucuran DD sebesar Rp. 5 miliar.

Jika dibandingkan antara Desa Luhu dengan Desa Batu Merah di Kota Ambon, terangnya lagi, Desa Batu Merah memang memiliki jumlah pnduduk yang lebih besar dari Desa Luhu, tapi luas wilayah dan tingkat kemiskinan di Desa Batu lebih kecil dibandingkan Luhu.

Meskipun Desa Luhu mendapatkan kucuran DD Rp. 5 miliar dalam setahun, diakuinya hingga saat ini Luhu masih belum mencapai status Desa Mandiri jika dilihat dari penilaian Indeks Desa Membangun (IDM).

Halaman Selanjutnya…