Ini Hasil Rapat Bersama Presiden Jokowi dan Para Menteri Serta Gubernur Maluku Soal Pembangunan Ambon New Port

by
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi saat berikan keterangan pers di Istana Kepresiden di Jakarta, Senin (29/3/2021) terkait hasil rapat Presiden Jokowi dan wapres K.H. Ma'aruf Amin serta para Menteri dan juga Gubernur Maluku, Murad Ismail terkait pembangunan Ambon New Port. Foto : Tangkapan Layar

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’aruf Amin melakukan rapat terbatas bersama sejumlah Menteri diantaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi maupun Gubernur di Istana Kepresiden di Jakarta, Senin (29/3/2021). Rapat ini juga dihadiri langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail karena membahas seputar pembangunan Ambon New Port di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

“Hari ini kami dengan beberapa menteri dan gubernur itu menghadap Pak Presiden dan Pak Wapres untuk membahas dua hal. Hal yang pertama pembangunan pelabuhan New Ambon sebagai Lumbung Ikan Nasional dan kedua kita menbahas atau melaporkan berkaitan dengan pemanfataan Utilisasi Kertajati serta fungsi-fungsi MRO,”ungkap Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi saat berikan keterangan pers di Istana Kepresiden di Jakarta, Senin yang disiarkan juga secara live melalui kanal youtube Sekretariat Presiden.

Dikatakan Menhub, untuk menjadikan sentra Lumbung Ikan Nasional, maka dibutuhkan satu pelabuhan yang didalamnya terdapat kawasan industri. Apalagi kawasan Timur Indonesia kaya akan potensi perikanan.

“Untuk point pertama sebagaimana kita ketahui, Indonesia bagian timur kaya akan ikan. Dan dalam laporan menteri KKP banyak sekali yang bisa diefektifkan agar fungsi-fungsi penangkapan itu bisa maksimal. Dari situ kita melihat bahwa untuk menjadikan satu sentra Lumbung Ikan Nasional, tidak cukup pelabuhan-pelabuhan yang ada dikembangkan atau digunakan tetapi kita membutuhkan satu pelabuhan dimana pelabuhan itu bersma dengan dengan kawasan industri,”ungkapnya.