Ini Hasil Swab Penumpang KM. Sabuk Nusantara 34, Warga KKT dan MBD Positif Covid-19

by
KM. Sabuk Nusantara 34 berpenumpang ratusan orang berlabu di Teluk Saumlaki. Kapal dilarang sandar karena seorang penumpang positif covid-19. FOTO : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Andre Kurniawan mengatakan 205 spesimen swab penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 sudah diketahui hasil pemeriksaannya di Ambon. Hasilnya 40 penumpang terkonfirmasi positif terpapar virus corona atau covid-19.

Dari 40 penumpang positif itu, 28 penumpang turun di Pelabuhan Saumlaki, ibukota KKT. Sedangkan 12 lainnya merupakan penumpang tujuan Maluku Barat daya (MBD).  Dengan positif 28 penumpang tersebut, maka KKT yang selama ini bebas dari covid-19 kini jebol.

“Dari 248 penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 yang diswab, hasil swab yang sudah kami terima 205. Dari 205 ini, 40 terkonfirmasi positif, rinciannya 28 penumpang turun di KKT dan 12 penumpang yang turun MBD,”jelas Andre saat dikonfrimasi via seluler Rabu (9/9/2020) malam.

Loading...

Sementara sisa 43 spesimen swab penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 masih diperiksa di Ambon. Andre mengatakan 28 penumpang yang turun di Saumlaki tersebut telah dilakukan karantina di sejumlah lokasi. Yakni di Puskesmas Lorulun, Kabiarat dan Omole. “Jadi tim penanganan sudah melakukan pemisahan terhadap 28 penumpang positif agar tidak berkumpul-kumpul sehingga penularan jadi lebih besar,”sambungnya.

Atas jebolnya KKT dari serangan Covid-19, menurut Andre, Pemerintah KKT tidak ingin saling menyalahkan. Pihak Pemkab KKT kini lebih fokus untuk penanganan dan pencegahan covid-19 lebih lanjut.

“Kita tidak bisa saling menyalahkan. Yang kita lakukan saat ini segera ambil tindakan agar tidak lagi bertambah dan meluas, sehingga Pemkab akan melakukan pembatasan terhadap penerbangan komersil dan masuknya kapal pengangkut penumpang,”tandasnya. (Ruzady Adjis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *