Ini Jumlah Rumah Rusak Usai Gempa Maluku

by
Rumah warga yang rusak di kawasan Negeri Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah akibat gempa Kamis (26/9/2019). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON,  –Setelah gempa besar di Maluku pada 26 September 2019 lalu, sejumlah kerusakan di beberapa wilayah di Maluku. Diantranya Kota Ambon, Maluku Tengah (Malteng) dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Dari data  dari posko penanggulangan Bencana Darurat (PBD) Provinsi Maluku jumlah rumah rusak berat itu sebanyak 1.273, diantaranya Kota Ambon 251 rumah, SBB 298 dan Malteng 724 rumah.

Sedangkan rumah yang rusak sedang untuk kota Ambon berjumlah 253, SBB 480 dan Malteng 1.104 rumah, sementara rumah yang rusak ringan di Kota Ambon sebanyak 654, SBB 353, dan Malteng 2.238 rumah.

“Data jumlah kerusaka rumah ini diperoleh dari laporan BPBD Kota Ambon, Kabupaten SBB, dan Malteng,” kata Kepala bidang komunikasi posko penanganan darurat bencana Provinsi Maluku Frona Koedubun dalam keterangan pers di Makorem 151/Binaiya, Selasa (8/10/2019).

Selain kerusakan rumah, kata Frona, terjadi juga kerusakan pada fasilitas pendidikan, kesehatan dan rumah ibadah di tiga daerah lokasi bencana ini baik rusak ringan, sedang dan berat. Sehingga pemerintah terus berupaya secara maksimal untuk menangani bencana yang terjadi.

loading...

Namun, tambah dia, masih banyak kendala terhadap penanganan pengungsi karena mereka tidak berada pada satu titik kumpul di masing-masing desa.

“Sehingga upaya pelayanan kesehatan belum maksimal, karena petugas kesehatan harus ke gunung dan memyebar ke lokasi pengungsian,” katanya. (ALFIAN SANUSI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *