Ini Orang Pertama Yang Divaksinasi Perdana di Kabupaten Buru

by
Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi divaksinasi pertama saat Launching Program Vaksinasi Covid-19 yang dilangsungkan di kantor Bupati Buru, Namlea, Sabtu (30/1/2021). Foto : Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kabupaten Buru resmi memulai Program Vaksinasi Covid-19 yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi perdana yang dilangsungkan di kantor Bupati Buru, Sabtu (30/1/2021).

Namun, orang pertama di kabupaten berjuluk Bumi Bupolo yang disuntik Vaksin Sinovac bukanlah Bupati Buru, Ramli Umasugi.

Loading...

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim menjelaskan, orang pertama di Bumi Bupolo yang divaksinasi adalah Dandim 1506 Namlea, Letkol Arh. Agus Guwandi.

“Iya tadi sudah mulai vaksinasi perdana di kantor Bupati pukul 10:00 WIT. Orang pertama yang divaksinasi Pak Dandim,”jelasnya menjawab terasmaluku.com, Sabtu sore.

Alasan sehingga Bupati Ramli Umasugi tidak menjadi orang pertama yang divaksinasi kata Nani dikarenakan Bupati tengah menjalankan tugas kedinasan di luar daerah.

Namun dipastikannya, saat kembali dari tugas kedinasan, Bupati Ramli akan divaksinasi. “Insya Allah hari Kamis (pekan depan) baru tiba di buru langsung divaksin,”ungkapnya.

Lebih lanjut kata Nani, totalnya ada delapan orang yang divaksinasi perdana di kantor Bupati Buru Sabtu pagi.

Nani Rahim mewakili IAKMI saat divaksinasi. Foto : Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru

Setelah Dandim 1506 Namlea, ada Kapolres Buru, AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja, disusul Kepala Pengadilan Negeri, H. Yogi Rachmawan, Direkrur RSUD Namlea, Helmi Kohatjaya, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Briliant Wisnu Respati, perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan dirinya yang mewakili Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kabupaten Buru. “Totalnya hari ini delapan orang yang divaksinasi perdana,”sambungnya.

Setelah vaksinasi perdana kata Nani menambahkan, vaksinasi untuk Tenaga Kesehatan (nakes) di Buru akan mulai dilakukan pekan depan. “Untuk nakes, hari Selasa (2 Februari) baru mulai vaksinasi,”imbuhnya.

Jumlah nakes di Buru yang akan divaksin pada vaksinasi tahap pertama ini kata Nani berjumlah 1.162 orang.

Sementara Fasilitas Layanan Kesehatan (fasyankes) yang disiapkan untuk melakukan vaksinasi sebanyak 11 unit dan jumlah vaksinator sebanyak 75 orang. (Ruzady)