Ini Penyebab Hujan Tiba-Tiba di Ambon

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Anomali cuaca terjadi sepekan ini di Kota Ambon. Hujan tiba-tiba di tengah musim panas membuat warga bertanya-tanya. Sebenarnya apa penyebab hujan dengan intensitas sedang yang datang lebih awal dari biasanya.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Sta. Met. Kelas II Pattimura – Ambon, Wilhelmina Paays, memberi penjelasannya. Dia membenarkan Pulau Ambon masih berada pada musim kemarau. “Hujan yang terjadi beberapa hari lalu disebabkan karena ada daerah pumpunan angin dI sepanjang Laut Banda hingga Maluku Tenggara dan Maluku Barat Daya,” jelasnya, (20/2/2020).

Loading...

Selain itu pumpunan atau kumpulan angin juga terjadi di belokan angin di sekitar Wilayah Maluku bagian tengah. Hal itu mengakibatkan pertumbuhan awan-awan hujan – termasuk awan Cumolonimbus – semakin intensif hampir di seluruh Maluku. Awan-awan itulah yang menghasilkan hujan intensitas sedang beberapa waktu lalu.

Analisis cuaca di laman BMKG juga menunjukkan perkiraan cuaca di kota Ambon hari ini. Yakni hujan lokal dan cuaca sedikit cerah di pagi, lalu pada siang prediski terjadi hujan sedang. Sementara pada malam hari akan terjadi hujan disertai petir di atas pukul 21.00. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *