Ini Penyebab Kematian Ikan di Ambon

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Teka teki penyebab kematian ribuan ikan akhirnya terungkap. Dari hasil uji sampel di laboratorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Maluku diduga kuat penyebab kematian ikan adalah upwelling.

Hal itu diutarakan Kepala LIPI Maluku, Nugroho Dwi Ananto usai rapat bersama pihak terkait Kamis pagi (19/9/2019). “Ada dugaan kuat ini akibat pergerakan masa air artinya ada upwelling,” beber Nugroho.

BACA JUGA : LIPI Tidak Temukan Zat Beracun Dalam Ikan Mati

Upwelling merupakan fenomena umum air laut yang lebih dingin dan punya massa lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan akibat pergerakan angin di atasnya. Fenomena tersebut menyebabkan anomali air dan terjadi akibat perubahan suhu yang sesaat.

Salah seorang peneliti laut dalam LIPI, Hanung Agus Mulyadi, Rabu (18/9/2019) menjelaskan kepada Terasmaluku.comupwelling serupa tubuh manusia yang bereaksi terhadap udara panas dan dingin. Kepala akan terasa pusing ketika tubuh berpindah dengan cepat dari udara luar ruangan yang panas ke ruangan ber-ac. Hal itu bahkan bisa mengakibatkan pingsang. Ilustrasi sederhana itu, kata Hanung, juga bisa terjadi pada ikan di laut.

loading...

Senada dengan Hanung, Nugroho jelas menggarisbawahi anomali menyebabkan kematian ikan tersebut adalah penyebab kematin. Dan itu tidak ada hubungannya dengan gempa ataupun tsunami. “Ini ada dugaan kuat. Kita liat ada dua kesimpulan. Bahwa kematian ini tidak ada kaitan dengan peristiwa gempa dan tsunami. Tidak ada kaitan sama sekali. Khususnya tsunami,” kata dia.

Masyarakat pun diharapkan tidak terpancing dengan kabar yang menyebutkan fenomena itu sebagai tanda-tanda akan datangnya tsunami. Pada kesempatan itu dia juga meminta masyarakat tetap memakan ikan seperti biasa. Selama ikan itu segar tidak berbau dan busuk aman untuk dimakan.  (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *