Ini Pesan Orang Pertama di SBT Usai Divaksin

by
Samun Rumakabis, orang pertama di Kabupaten SBT yang mendapatkan vaksinasi di RSUD Bula, Kamis (4/2/2021). FOTO : SOFYAN

TERASMALUKU.COM,-BULA-Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) memulai program vaksinasi massal yang berlangsung di RSUD Bula, Kamis (4/2/2021). Penggunaan vaksin dianggap sebagai tindakan paling ampuh melawan pandemi covid-19.

Samun Rumakabis, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) SBT menjadi orang pertama di Kabupaten SBT yang disuntik vaksin sinovac.

Sebelum menerima vaksinasi, Samun menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Dan dia dinyatakan memenuhi syarat. Dari wajahnya, Samun tanpa ragu sedikitpun sebelum disuntik.

Pantaun Terasmaluku.com, orang pertama ini divaksin oleh dr. Maliando Harahap. Samun terlihat biasa saja seperti kondisi awalnya. Bahkan, sempat berkata, biasa-biasa saja.

“Saya orang pertama divaksin mewakili masyarakat SBT pada umumnya, dan mewakili Dinkes SBT pada khususnya. Dan saya merasa, sebelum dan sudah divaksin, saya rasa biasa-biasa saja,” kata Samun Rumakabis.

Usai divaksin, Samun berpesan agar semua peserta yang divaksin pada hari pertama tidak boleh meragukan vaksinasi. “Kondisinya sehat seperti biasa. Seng boleh ragu kalau divaksin,” kata Samun.

Usai mendapat suntikan vaksin, Samun menjalani observasi yang merupakan tahap terakhir vaksinasi. Ini dilakukan untuk mencegah efek samping usai divaksin. Namun semuanya berjalan lancar. Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas tidak hadir dalam vaksinasi ini. Keliobas berada di luar daerah.

Hadir dalam vaksinasi tahap pertama ini adalah Sekretaris Daerah Syarif Makmur, Plt Dinkes SBT Ridwan Malaka Yusuf, Wakil Ketua Dua DPRD SBT Ahmad Voth, Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar. Perwira Penghubung Kodim 1502.

Namun para pejabat teras di Kabupaten SBT ini tidak lolos pemeriksaan kesehatan, sehingga gagal mendapatkan vaksinasi. (Sofyan)