Ini Pesan Pemuda yang Gagal Sambut Presiden Jokowi Dengan Pakaian Adat

by
Dody Tiwery saat berjalan di JMP membawa bendera Merah Putih untuk menyambut presiden yang bakal melintas di situ menuju RSUP Dr. Johannes Leimena, Ambon, (25/3). FOTO: Istimewa

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Kedatangan Dody Tiwery pemuda dengan baju adat ini bukan tanpa alasan.

Menurut Dody dia telah menyiapkannya sejak pagi. Yakni untuk berdiri menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo dengan pakaian adat. Keinginan berpakaian adat itu tak lain agar dapat dilihat dan dikenali oleh Presiden.

Hal ini juga sebagai caranya menunjukkan bagaimana orang Maluku menyambut orang nomor satu di Indonesia itu. Menurut alumnus Fakultus Ilmu Sejarah, Universitas Patimura Ambon, 2004 itu, aksinya itu murni sebagai ungkapan kebanggaan atas daerahnya serta kunjungan Presiden Jokowi ke Ambon.

Saat ditemui wartawan pagi tadi (25/3/2021), Dody datang dengan mengenakan dua kain di badannya. Satu sebagai penutup dada satu lagi melingkar di pinggang berwarna merah. Di dalam tasnya, juga terdapat dua lembar kain tenun, pengikat kepala burung cendrawasih yang diawetkan serta bendera Merah Putih.

Bendera itu dia ikatkan pada pipa plastik sepanjang sekitar 2 meter. Berikut pesan Dody yang tak sempat berdiri di sisi jalan menyambut Presiden yang melintas menuju RSUP Dr. Johannes Leimena, Ambon pagi tadi, (25/3/2021). (PRISKA BIRAHY)