Ini Rangkaian Kegiatan Festival Pesona Bupolo di Namlea

by

AMBON-Festival Pesona Bupolo 2016 mulai digelar Sabtu (8/10) ini hingga Rabu (12/10) di Kota Namlea, untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Buru. Beragam kegiatan akan digelar selama festival berlangsung. Kepala Dinas Pariwisata dan Infokom Kabupaten Buru Istanto Setyahadi menyebutkan terdapat sejumlah kegiatan selama Festival Pesona Bupolo termasuk kegiatan budaya hingga kuliner, khas Maluku. Ia menyatakan, pada Sabtu malam dilakukan pembukaan Bupolo Fair dan pembukaan Festival Pesono Bupolo yang dipusatkan di Lapangan Pattimura Namlea oleh Bupati Buru Ramly Umasugi. Sebelumnya digelar lomba mancing di kolam air tawar dan jalan santai.
Sedangkan pada Minggu (9/10) digelar sejumlah kegiatan yang dipusatkan di Pantai Wisata Jikumarasa. Diantaranya, Fun Bike dari Kota Namlea ke Jikumarasa. Setelah itu, makan rujak rame-rame, makan papeda dan ikan kuah kuning, lomba permainan papepa, persembahan tarian dan live musik, under water photo contest, penanaman terumbu karang dan bersih pantai wisata Jikumarasa serta lomba panggayong perahu.
Sementara pada Senin (10/10) digelar Balayar Gosepa atau napak tilas perjalanan Gosepa, festival layang – layang yang dipusatkan di Pantai Merah Putih Namlea. Senin sore digelar gerak jalan indah tingkat SD dan SMP di Kota Namlea.
Menurut Istanto, pada Selasa (11/10) digelar sidang paripurna DPRD Buru dan siang harinya dilalukan gerak jalan indah tingkat SMA dan umum. Dan Selasa malam dilakukan penutupan Bopolo Fair.
Sementara pada Rabu (12/10) juga digelar sejumlah kegiatan. Yakni, parade tifa damang palu, persembahan tarian sawat kolosal, makan patita sepanjang 3 km di kawasan Kantor Bupati Buru serta festival Bupolo Culture atau karnaval dan kirab budaya rakyat nusantara. “Dengan Festival Pesona Bupolo kita ingin tunjukan Buru memiliki potensi wisata yang lengkap. Baik alam, pantainya, budaya, senjarahnya dan wisata kulinernya. Festival Bopolo selain untuk promosi wisata juga untuk mengibur warga di Buru,” kata Istanto. ADI