Ini Tugas Daerah Dalam Pembangunan Ambon New Port

by
Sekda Maluku Kasrul Selang. FOTO : HUMASMALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Masih banyak pekerjaan yang harus dipersiapan sebelum akhirnya pembangunan Ambon New Port untuk mendukung Lumbung Ikan Nasional (LIN) Maluku di kawasan Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon yang didalamnya terdapat sentra industri perikanan terpadu dilakukan.

Menyusul telah disetujuinya pembangunan Ambon New Port ini oleh Presiden Joko Widodo dengan nilai investasi sebesar Rp. 5 triliun dan ditargetkan memakan waktu dua tahun pembangunan hasil dari rapat bersama di Istana Kepresidenan di Jakarta Senin 29 Maret kemarin, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Kasrul Selang mengungkapkan tugas daerah dalam hal ini Provinsi Maluku adalah menyiapkan beberap hal pentingnya.

Diantaranya penyesuaian tata ruang, study kelayakan hingga fasilitasi penyediaan lahan.

Sebagamana diketahui, Ambon New Port yang dibangun untuk mendukung LIN Maluku ini rencananya akan dibangun tahap awal seluas 200 hektar dengan anggaran tahap awal sebesar Rp. 1,3 triliun dan nantinya akan dikembangkan lagi menjadi 900 hektar atau penambahan 700 hektar.

” Kita di daerah itu kan ada beberapa yang kita punya tugas. Ada penyesuaian tata ruang, study kelayakan, fasiltas penyedian lahan dan seterusnya. Menfasilitasi penyedia lahan,”ungkapnya saat diwawancarai di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (30/3/2021) disela-sela ekspor perdana komoditi Pala langsung dari Ambon ke Cina.