Ini Wajah Ambon dan Tual Kedapan

by

Pemerintah Pusat (Pempus) telah berencana mengembangkan dua Kota di Maluku menjadi Kota terpadu. Kota Ambon dan Tual akan dirancang menjadi kota super lengkap dari segi infrastruktur, komunikasi dan transportasi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku, Anthon Sihaloho mengatakan, model kawasan tersebut adalah kota terpadu dengan otonomi sederhana.

“Nantinya kedua kota ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Segala aktifitas perdagangan maupun perindustrian akan berjalan sangat maksimal di kota ini,” terang Sihaloho kepada wartawan kemarin.

Menurutnya, model otonomi sederhana akan mensingkronkan pembangunan dengan kualitas sumber daya manusia. Kawasan ini akan mendorong masyarakat untuk terus berinovasi sehingga standar hidup menjadi lebih baik.

Pada kota terpadu kedepan, akan dibentuk pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, penyokong kawasan industeri, sentra aktifitas Kawasan Ekonomi Khusus dan lainnya.

“Rencana tersebut telah tertuang dalam program kerja lima tahun pemerintah Jokowi. Untuk itu, Maluku harus memaksimalkam kesempatan ini, agar masyarakat dan wilayah ini menjadi lebih maju,” harapnya Sihaloho.