Ini Yang Dilakukan Satpol PP Ambon, Jika Warga Buang Sampah Tak Sesuai Jadwal

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy. FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terus meningkatkan kesadaran warganya untuk membuang sampah sesuai jadwal yang ditentukan. Bahkan Walikota Ambon Richard Louhenapessy sejak  pertengahan Agustus menempatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkot Ambon di setiap tempat sampah.

Anggota  Satpol PP  menjaga agar warga tidak membuang sampah di pagi hingga sore hari. Jika ada warga yang membuang, petugas Satpol PP langsung mencegat termasuk mengembalikan lagi sampah tersebut kepada warga pemilik sampah.

“Salah satu upaya tingkatkan disiplin masyarakat untuk membuang sampah sesuai dengan jadwal, kita mengambil langkah tegas dengan menempatkan Satpol PP di setiap tempat sampah,” kata Richard kepada wartawan di Ambon, Jumat (25/8).

Waktu pembuangan sampah itu dilakukan pada malam hari hingga pukul 5 pagi. Walikota mengatakan, Satpol PP yang ditempatkan di tempat pembuangan sampah bertugas  menjaga warga tidak membuang sampah  di luar waktu yang sudah ditentukan Pemkot Ambon.

“Kalau ada masyarakat yang buang sampah setelah jam 6 pagi, saya sudah bilang ke Satpol PP untuk bawa kembali sampah tersebut  ke warga itu, nanti malam baru bisa buang sesuai dengan jadwal. Apa yang kita dilakukan ini agar Ambon makin bersih lagi,” kata Walikota Richard.

Walikota mengungkapkan, Pemkot Ambon akan lebih tegas lagi kepada masyarakat jika Peraturan Daerah (Perda) terkait pembuang sampah sudah ditetapkan. “Ini karena belum ada Perda, jika sudah ada maka kita akan lebih tegas lagi kepada masyarakat Kota Ambon,” katanya.

Ia menyatakan, dari laporan kepala dinas, kebijakan  ini berdampak positif bagi disiplin warga membuang sampah. Saat ini masyarakat sudah mulai sadar dan kebiasaan buang sampai diluar jam yang ditentukan sudah mulai menurun jauh sekali. “Kita juga berikan sosialisasi dan surat kepada masyarakat untuk membuang sampah pada waktunya,” katanya. (IAN)