Inovasi Layanan Disdukcapil Daring Cara Kurangi Sebaran Virus

by
sumber: republika.co.id

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Dinas kependudukan dan catatan sipil Ambon mencatat inovasi layanan Ppengurusan KK online mencapai 1.000 lembar lebih di minggu lalu. Penerapan protokol kesehatan pun diperketat untuk menekan penyebaran virus.

Kedatangan warga untuk mengurus sejumlah dokumen pun kian berkurang seiring dibukanya layanan daring yang bsia diakses kapan pun dan dimanpun.

Kepala Dinas Catatan Sipil Kota Ambon, Selly Haurissa menjelaskan inovasi itu tak lain untuk mengurangi penularan virus agar Ambon lekas keluar dari pendemi. “Capil berinovasi dalam pelayanan khususnya daring.  Bertujuan agar putus mata rantai dengan layanan daring. Masyarakat seng perlu datang berkumpul di dinas. Dan semakin hari kunjungan di kantor memang berkurang,” ucapnya sebutnya kepada wartawan siang tadi, (5/10/2020).

Loading...

Layanan KK, KTP dan KAI memang sudah bisa diakses secara daring. Namun khusus untuk KTP dan KAI, pencetakannya harus dilakukan di kantor. Sementara masyarakat bisa mencetak KK di rumah. Hal ini memberikan dampak pengurangan jumlah kunjungan ke kantor.

Tak hanya itu dirinya tetap memperketat  pengawasan kepada warga yang datang. “Seluruh masyarakat diwajibkan pakai masker. Tanpa masker tidak dilayani,” lanjut Selly. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *