INPEX Masela Berikan Masker Tenun Tanimbar ke Pemda KKT, Bantuan Lainnya Menyusul

by
INPEX Masela Ltd (INPEX) menyerahkan bantuan 700 masker tenun Tanimbar kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar (KKT) secara simbolis kepada Bupati KKT Petrus Fatlolon, Kamis (23/7/2020). FOTO : INPEX MASELA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, INPEX Masela Ltd (INPEX) menyerahkan bantuan sebanyak 700 masker tenun Tanimbar kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar (KKT) pada Kamis (23/7/2020). Masker bermotif Tenun Tanimbar ini diserahkan INPEX Masela secara simbolis kepada Bupati KKT Petrus Fatlolon yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19.

Penyerahan masker ini bersamaan dengan Perayaan Hari Anak Nasional 23 Juli 2020 yang digelar Pemda KKT. “Bantuan sebanyak 700 masker bermotif tenun Tanimbar diserahkan pada saat hari Anak Nasional, Kamis, 23 Juli untuk didistribusikan ke Gugus Tugas COVID-19 KKT kepada masyarakat sekitarnya,” kata Moch N. Kurniawan, Acting Communication Manager INPEX Masela,Ltd dalam siaran persnya kepada Terasmaluku.com, Jumat (24/7/2020).

Dalam kesempatan itu, INPEX Masela juga menyampaikan akan menyerahkan sejumlah paket bantuan kapada Kemkab KKT sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah kabupaten zona hijau penyebaran covid-19 itu.

“Kami juga menginformasikan kepada Pak Bupati bahwa INPEX  akan menyerahkan bantuan 100 tempat tidur untuk keperluan karantina, dan 60 alat rapid test kepada Gugus Tugas. INPEX juga menyampaikan bahwa akan memberikan bantuan sembako sebanyak 750 paket untuk masyarakat kurang mampu di Bomaki, Latdalam dan Lermatang, Kabupaten KKT,” ungkap pria yang biasa disapa Iwan ini.

Iwan mengatakan agar tepat sasaran, setiap pemberian bantuan, INPEX berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya yakni SKK Migas, Pemerintah Kabupaten KKT dalam hal ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19. “Kami sebelumnya sudah cukup lama berkomunikasi dan berkoordinasi dengan SKK Migas, Pemda KKT, khususnya dinas terkait, Gugus Tugas COVID-19 dan Pemerintah Desa yang akan diberikan bantuan,” kata Iwan.

Loading...

Iwan menjelaskan semua bantuan tersebut merupakan Program “INPEX Nalmate” untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten KKT, dan akan dilakukan oleh tim internal INPEX serta melibatkan Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Ibu Anak Tanimbar (LSM PITA).

Semua bantuan baik yang sudah mau akan diberikan INPEX Masela diserahkan langsung kepada Pemda KKT atau Gugus Tugas Covid-19.  Selanjutnya bantuan tersebut akan didistribusikan pihak Pemda KKT kepada warga dan sesuai kebutuhan untuk pencegahan Covid-19.

Khusus untuk bantuan 100 unit tempat tidur untuk karantina akan didistribusikan langsung ke lokasi karantina yang berlokasi di sekitar Kecamatan Tanimbar Selatan dan Larat. “Bantuan 60 rapid test kita akan didistribusikan langsung ke Gugus Tugas COVID-19 KKT dan juga Dinas Kesehatan KKT,” jelas Iwan.

Sementara untuk bantuan paket sembako untuk Bomaki, Latdalam dan Lermatang. Lalu mengapa paket sembako dibagikan ke tiga desa tersebut, Iwan menjelaskan kawasan Desa Lermatang merupakan desa di mana pusat aktivitas teknis dan non-teknis INPEX akan dan/atau sedang berlangsung.

Seperti pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM), survei meteorology dan oseanografi darat dan laut, pemetaan partisipatif, survei AMDAL, serta kegiatan pengadaan tanah untuk pembangunan pelabuhan Kilang LNG Abadi WK Masela di pulau Nustual. “Sehingga kami menyerahkan paket bantuan ke Desa Lermatang. Sedangkan Latdalam dan Bomaki merupakan desa yang bersebelahan dengan Lermatang yang dilalui oleh aktivitas INPEX,” kata Iwan.

Iwan menyebutkan sebelum pada April 2020,  INPEX juga telah menyerahkan bantuan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) termasuk baju hazmat, masker surgical, kacamata, sarung tangan dan hand sanitizers kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Tanimbar untuk selanjutnya digunakan terutama oleh para tenaga medis di Tanimbar.(ADI)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *