Intip Toilet Umum Anyar di Taman Pattimura Ambon

by
Salah satu fasilitas umum toilet teranyar di Kota Ambon ini bisa jadi adalah satu satunya yang paling bersih dan nyaman digunakan. Toilet umum ini berlokasi di Taman Pattimura dan bakal diresmikan, Kamis (27/9/2018). FOTO : PRISKA BIRAHY (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Apa yang kalian rasakan ketika memasuki toilet yang ada di gedung bioskop. Banyak orang hilir mudik masuk dan menggunakan fasilitas gratis di situ. Tak hanya untuk keperluan membuang hajat. Di toilet perempuan, banyak yang berswafoto atau sekadar berkaca di situ.

Bagian dalam ruangan toilet dilengkapi dengan tempat sampah, toilet duduk dan jongkok serta penerangan yang cukup layaknya toilet di bioskop

Lantai toilet yang bersih, harum, pencahayaan baik membikin nyaman para penggunanya. Hal tersebut mungkin jarang atau bahkan hampir tidak pernah ditemui di toilet umum di Kota Ambon. Mendengar kata toilet umum saja, benak kita dipenuhi gambaran sesuatu yang jorok, bau, tisyu berhamburan, kecoak dan sebagainya.

Namun tunggu dulu. Jangan keburu pesimis. Sepasang toilet umum baru di jantung kota bisa jadi dapat mengubah cara pandang anda tentang toilet umum. Terletak area Taman Pattimura, toilet umum lama itu direnovasi jadi lebih layak. Saat Terasmaluku.com Rabu (26/9/2018) coba masuk, nyaris dibuat bingung lantaran penamapaknnya mirip dengan toilet bioskop.

Dinding toilet dipasangan tegel krem mengkilat. Pengunjung nyaris bisa berkca di dindingnya. Lantainya bersih dan licin. Tampak empat buah tempat sampah merah muda di depan tiap pintu toilet. Dua toilet duduk dan dua toilet jongkok. Sementara wastafel di sisi kiri pintu tampil mengkilat kinclong. Beberapa cairan pembersih dan pengharum ditempatkan di pojok wastafel.

“Ibu walikota saja foto di sini. Toilet ini baru saja,” ujar Didin, petugas kebersihan toilet. Sebelumnya memang sudah ada dua toilet di lokasi yang sama. Hanya, kondisinya tidak sebaik dan terawat. Penampakan toilet ini merupakan yang teranyar usai direnovasi. Yang paling kentara yakni instalasi lampu downlight yang menambah kesan minimalis.

Didin, salah satu dari dua petugas yang ditempatkan di dua toilet umum. Menurutnya, toilet itu bakal diresmikan esok bersamaan dengan sebuah café yang dikelola pemerintah. Letaknya sejajar dengan toilet. Tepat di belakang ikon tulisan Ambon Manise. Keberadaan toilet itu memang jadi sesuatu yang tak lazim di Ambon.

loading...

Pasalnya kondisi toilet umum lain tak sebaik yang baru dibangun itu. Bahkan pada unggahan foto toilet oleh seorang pengguna akun di linimasa, banyak yang heran, kaget dan kagum. Meski tak sedikit yang apatis dan pesimis dengannya. Memang toilet itu masih gres. Belum banyak yang digunakan. Papan tarif juga belum dipasang. Namun tak ada salahnya jika upaya memulihkan wajah toilet umum itu diapresiasi.

Apalagi letaknya strategis di ruang terbuka, bakal memudahkan warga. Sudah tentu unsur nyaman dan aman perlu diperhatikan. Petugas kebersihan di situ juga dibekali dengan seragam khusus. “Semua pakai seragam. Ada empat warna, dipakai sesuai hari,” kata Didin yang mengenakan seragam kemeja berkerah kuning dengan tulisan TABEA di punggung.

Petugas pembersih toilet disiagakan hingga malam hari untuk memastikan toilet umum baru itu bersih serta nyaman. Mereka juga diberi seragam aneka warna yang dipakai setiap hari sebagai penanda.

Saat ditemui Terasmaluku.com, pria 17 tahun asal Buton itu tengah menyapu. Sesekali dia menyeka air yang terciprat di pinggir wastafel. Warga kota, tak perlu ragu untuk menggunakan toilet itu. Yang terpenting, pastikan tidak menginggalkan jejak sampah di situ.

Sempatkanlah datang sore ke Taman Pattimura. Selain toilet baru, dekorasi lampu yang dipasang mengelilingi taman dijamin bikin antusias. Jangan lupa ruang terbuka itu dijaga agar awet dan bisa dinikmati bersama. Siapa tahu bisa jadi tempat nongkrong baru dan gratis.(PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *