Irjen Deden Juhara Memulai Tugasnya Memimpin Polda Maluku

by
Irjen Polisi Deden Juhara bersama istrinya tiba di Ambon, memulai tugasnya di Polda Maluku. FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

AMBON-INSPEKTUR Jenderal (Irjen) Polisi Deden Juhara, Kapoda Maluku yang baru dilantik Kapolri Jenderal Tito Karnavian, tiba di Kota Ambon pada Selasa (2/5) siang. Dari bandara, Deden yang menumpangi pesawat komersial itu langsung dibawa ke ruang VVIP Bandara Pattimura menggunakan bus milik Polda Maluku. Ia disambut Brigjen Ilham Salahudin, mantan Kapolda saat turun dari bus polda.

Dua orang anak berpakian polisi cilik menyambut Deden yang ditemani istrinya dengan mengalungkan syal dan menyerahkan rangkaian bunga. Setelah itu, Kapolda dan istrinya disambut tarian selamat datang oleh pemuda pemudi Negeri Laha bersama rajanya Said Laturua. Kapolda dan istrinya berjalan menuju ruang tunggu dengan dibalut kain gandong oleh para penari itu.

Selain dijemput mantan Kapolda Maluku, Deden dan istrinya juga dijemput para pejabat utama dan Kapolres se jajaran Polda Maluku. Para pejabat Kodam Pattimura, Lantamal dan Lanud Pattimura Ambon juga ikut menjemput Kapolda Maluku yang baru ini. “Saya terharu dan menyampaikan terimahkasih atas penjemputan ini,” tutur Kapolda.

Dari Bandara Pattimura, rombongan Kapolda kemudian menuju Markas Polda Maluku. Tiba di Mapolda, Kapolda menerima jejer hormat dari personil siaga Polda di depan penjagaan. Rabu (3/5) akan digelar upacara sertijab antara Kapolda lama dengan Kapolda yang baru baru di Lapangan Upacara Polda Maluku kawasan Tantui, dan dilanjutkan acara parawel.

Irjen Deden Juhara dilantik menjadi Kapolda Maluku oleh Kapolri pada Jumat (28/4) di Mabes Polri. Deden menggantikan Brigjen Pol Ilham Salahudin yang dimutasi sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Jabatan Kapolda Maluku kini diduduki jenderal bintang dua, setelah status Poldanya ditingkatkan menjadi tipe A. Dan Deden pun menjadi orang pertama yang memimpin Polda Maluku dengan pangkat jenderal bintang dua. (ADI)